Aplikasi LAPOR! Siap Tampung Keluhan Masyarakat Terhadap Layanan Publik

Kementerian PANRB kali ini memiliki aplikasi yang bernama LAPOR!  Yang khusus disediakan untuk masyarakat dalam melaporkan setiap keluhan atas kinerja suatu instansi atau lembaga pemerintahan di pusat atau daerah.

KemenPANRB bersama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) kali ini telah menandatangani nota kesepahaman tentang pemanfaatan aplikasi LAPOR! Tersebut sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Penandatanganan itu sudah dilakukan di Kantor Staf Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016). Penandatangan tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, MenPANRB Yuddy Chrisnandi dan Ketua Ombudsman Prof Amzulian Rifai.

Teten dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Jokowi-JK memang mempunyai komitmen untuk memperbaiki mutu pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dan memang sudah ada undang-undang pelayanan public yang sangat bagus.

lapor

Adanya kerjasama ini tentu saja agar masyarakat yang mengadukan permasalahan pelayanan publik bisa ditangani dengan lebih efektif. Yuddy juga mengungkapkan bahwa dengan MoU ini maka akan lebih digerakkan dengan seluruh instansi pemerintah agar terhubung dengan aplikasi LAPOR!

Adanya aduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR! Ini baru akan terhubung dengan 43 BUMN, 9 provinsi, 5 kabupaten dan 1 kota. Dengan MoU ini maka seluruh instansi pemda dan kementerian lembaga akan dapat terintegrasi.

Jika ada laporan yang tida ditindaklanjuti oleh lembaga atau pemerintahan yang jadi terlapor, maka hal tersebut akan ditangani oleh Kantor Staf Kepresidenan, dan laporan itu disupervisi oleh Ombudsman RI.

Ombudsman Amzulian juga mengatakan bahwa kerjasama ini sangat memudahkan semua pihak baik pemerintah atau masyarakat untuk memonitori laporan yang selama ini tidak sistematis.

Aplikasi ini telah diluncurkan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada bulan Desember 2014 lalu. Aplikasi ini juga dapat dijadikan sebagai fasilitas bagi masyarakat melaporkan keluhan atas kinerja instasi atau lembaga pemerintah yang ada di Indonesia.

Aplikasi ini bisa Anda download bagi pengguna Android. Masyarakat juga dapat mengadu dengan sms ke nomor 1708, situs www.lapor.go.id serta mengadu lewat Twitter dengan akun @Lapor1708 atau Facebook dengan akun LAPOR!.

(Visited 232 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.