Jika Dibandingkan GoJek, Grab dan Uber Motor, Mana yang Terbaik?

Akhirnya secara resmi Uber memperkenalkan layanan jasa roda dua atau ojek bernama Uber Motor di Jakarta. Hal ini tentu akan meningkatkan persaingan dengan 2 startup ojek sebelumnya yaitu Gojek dan GrabBike.

Lantas, manakah yang terbaik antara Uber Motor, Gojek, dan GrabBike?

Sebelum membicarakan mana yang terbaik dari 3 penyedia layanan ojek online tersebut, mari kita ulas dulu skema tarif dari mereka.

Jika Dibandingkan GoJek, Grab dan Uber Motor, Mana yang Terbaik?

Uber Motor

Uber motor memiliki skema tarif yang tidak sama dengan GrabBike dan Gojek. Uber munggunakan tarif yang mirip dengan taksi, yaitu tarif per kilometer serta per menit. Dikutip langsung dari blog resmi Uber, berikut rincian tarif dasar Uber Motor:

Tarif dasar: Rp. 1.000, tarif per kilometer: Rp. 1.000, tarif per menit: Rp 100

Untuk tarif pada jam sibuk (rush hour) Uber belum memberikan klarifikasi. Padahal pada layanan lainnya ada tarif jam sibuk.

GrabBike

GrabBike berbeda dengan Uber Motor, mereka memberikan tarif sesuai dengan jarak serta tarif minimum. Untuk tarif per kilometer, GrabBike membanderol Rp. 1.500. Sedangkan untuk tarif minimum sebesar Rp. 10.000. Jadi, jika konsumen hanya dikenakan biaya dibawah Rp. 10.000, maka wajib membayar harga minimum sebesar Rp. 10.000.

Sebagai contoh, jika Anda melakukan perjalanan sejauh 6 km, maka 6 x Rp 1.500 = Rp 9.000. Nah, Anda harus membayar tarif minimum Rp. 10.000. Namun, jika Anda melakukan perjalanan sejauh 8 km, maka 8 x Rp 1.500 = Rp 12.000. Nah, Anda tidak perlu membayar tarif minimum dan hanya membayar sesuai per kilometernya. Selain itu, GrabBike juga menambahkan tarif tambahan untuk jam sibuk sebesar Rp. 5.000.

Gojek

StartUp asli karya anak negeri ini merupakan pelopor ojek online pertama di Indonesia. Untuk meningkatkan persaingan dalam bisnis ojek online, Gojek memberlakukan tarif dengan rincian yang cukup bersaing.

Untuk 1-10 km, Gojek menetapkan harga sebesar Rp. 12.000. Sedangkan untuk 10-15 km Gojek menetapkan harga sebesar Rp. 15.000. Jika lebih dari 15 km, maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000 per Km. Sedangkan maksimal jarak tambahan adalah 25 km yang dihitung dari km awal berangkat. Kemudian,

Untuk tarif pada jam sibuk dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000.

Nah, setelah membandingkan GoJek, Grab dan Uber Motor, mana yang terbaik menurut Anda? Semoga memilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

(Visited 38287 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.