Langkah Mudah Mengendalikan Smartphone Android Hanya Lewat Suara 

Android merupakan platform yang paling cocok untuk digunakan pada ponsel smartphone. Pasalnya, platform Android ini memang bisa dikustomisasi dengan mudah terutama bagi developer dalam mengembangkan aplikasinya. Terlebih, Android ini merupakan milik Google sehingga sistem operasi ini mendapatkan dukungan penuh oleh Google.

Tak hanya untuk tampilan ataupun fitur baru yang bisa di update oleh sistem operasi, Google juga menghadirkan fitur baru supaya pengguna android menjadi lebih mudah. Salah satu fitur terbaru yang diluncurkan oleh Google adalah mengendalikan Android hanya menggunakan suara saja. Tidak menggunakan Google Now tapi Anda bisa menggunakan Voice Access. Voice Access sendiri merupakan layanan perintah suara baru dari Google yang memungkinkan Android Anda dikendalikan hanya dengan suara.

Langkah Mudah untuk Mengendalikan Smartphone Android Melalui Suara

q0loyzh6n7tjdcadtbhw

Download Aplikasi XDA Labs Lerlebih Dahulu

Karena masih tahap awal, Anda perlu mendapatkan aplikasinya terlebih dahulu melalui XDA Labs. Anda tidak bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store. Untuk itu instal terlebihi dahulu aplikasi XDA Labs.

Cari Voice Access di XDA Labs

Setelah XDA Labs terinstal, silakan cari Voice Access di tab Apps. Download Voice Access disana, lalu instalL seperti biasa jika sudah selesai di-download. Buka Voice Access. Lalu aktifkan Voice Access di Accesibility Settings. Ini tujuannya agar bisa menjalankan perintah suara.

Ikuti Langkah Selanjutnya

Selanjutnya ikuti tutorial yang muncul. Dari tutorial cukup menjelaskan bahwa untuk mengontrol Android dengan suara kamu harus terlebih dahulu mengucapkan ‘OK Google’ lalu diikuti ‘Start Voice Access’. Jika ternyata gagal terus, Anda bisa dengan mudah mengaktifkan Voice Access menggunakan Activation Button yang ada di pengaturan Voice Access. Jika Voice Access berhasil diaktifkan, akan muncul angka-angka di layar smartphone kamu. Angka-angka inilah yang akan merespon perintah suara Anda. Misalnya ingin buka JOOX, maka sebutkan angka 12 dalam bahasa Inggris.

Aplikasi Voice Access Bisa Diperintahkan Dengan Mudah

Voice Access bisa juga diperintahkan untuk mengetik, melakukan scrolling, mengirim pesan, dan lainnya sesuai gesture yang disediakan.

Itulah langkah mudah dalam mengendalikan smartphone android hanya melalui suara saja.

(Visited 848 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.