Versi Opera Terbaru Akan Hadir Tanpa Iklan Mengganggu Lho!

Pada tanggal 4 Mei 2016, Opera secara resmi meluncurkan fitur pemblokir iklan yang terintegrasi (native ad blocker) di browser Opera untuk komputer dan juga Opera Mini untuk Android.

Menurut survei yang telah dilakukan sebanyak 90 persen, pengguna web yang berasal dari Asia Pasifik telah mulai megngunakan dan juga mempertimbangkan untuk memasangkan ad blocker pada browser mereka. Sedangkan untuk 67 persen para pengguna internet di Asia Tenggara mengganggap iklan di internet sangat mengganggu.

Dengan adanya ad blocker pada browser, maka kecepatan browsing dan penghematan data akan lebih baik. Selain itu, alasan tersebut pun membuat banyak orang memasang ad blocker. Global Web Indek juga mengungkapkan bahwa 28 persen dari pengguna internet di Indonesia telah menggunakan perangkat ad blocker untuk meniadakan iklan di web atau pun situs yang biasa mereka kunjungi.

joint

Fitur ad blocker bisa membuat loading semakin cepat. Hal ini karena, iklan online yang merangsek hampir sebagian luas layar yang hanya akan membuat loading menjadi lama. Selain itu, dengan adanya iklan online juga, kuota yang digunakan akan lebih boros. Untuk itu, Opera Mini versi terbaru ini akan mempercepat waktu loading hinggga 40 persen daripada browser tanpa fitur tersebut. Tidak hanya itu, fitur ini pun dapat memperkecil pemakaian data sampai 14 persen.

Riset Enders Analysis juga menemukan antara 18 dan 79 data yang sudah diuduh di smartphone yang berasal dari iklan. Angka penetrasi smartphone di Indonesia memang semakin hari makin meningkat. Namun, untuk biaya penggunaan data masih tergolong mahal. Hal itulah yang menjadi halangan para pengguna internet. Ditambah dengan merebaknya iklan online akan semakin menyusahkan masalah ini.

Cara Mengaktifikan Native Ad-Block Dengan Mudah

Opera Mini

Lihat di bawah menu “O” di Opera Mini, Anda bisa mengeklik “data savings summary.”  Untuk platform iOS, fitur ini hanya bisa digunakan dalam mode penghematan data Opera Turbo. Sedangkan untuk Android, fitur ini sudah tersedia di kedua mode penghematan data yang tersedia.

Opera untuk Komputer

Anda bisa ke menu settings untuk mengaktifkan fitur ad blocker ini. Untuk menonkaktifkan fitur ad blocker bisa Anda lakukan dengan cara mengeklik ikon perisai pada addres bar.

Di dialog address bar pun dapat menyajikan data statistik mengenai jumlah iklan yang diblokir untuk situs tersebut dan juga total iklan yang telah diblokir. Anda juga bisa bandingkan kecepatan loading antara halaman dengan fitur ad blocker dan halaman yang tidak menggunakan fitur ad blocker.

(Visited 93 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.