Ini Dia Negara yang Pernah Memblokir Aplikasi WhatsApp!

Beragam aplikasi chatting kini bermunculan. Hal ini membuat pengguna smartphone mempunyai banyak pilihan untuk menggunakan aplikasi chatting sesuai dengan kebutuhannya.

Tapi dari banyaknya aplikasi chatting yang saat ini ada, WhatsApp bisa dibilang menjadi aplikasi yang paling popular diantara aplikasi chatting yang lainnya.

Salah satu yang membuat WhatsApp mendapatkan banyak penggemar adalah, tampilannya yang sederhana dan simpel membuat setiap segala usia dapat mengoperasikan WhatsApp dengan mudah tanpa banyak kendala.

Ini Dia Negara yang Pernah Memblokir Aplikasi WhatsApp!

Tapi, dibalik popularitasnya ini ternyata perjalanan WhatsApp sebagai aplikasi chatting terbesar sejagat raya tidaklah mudah. Hal ini karena, beberapa kali WhatsApp sempat mendapatkan pemblokiran dari beberapa negara.

Untuk itu, perjalanan WhatsApp di negara tersebut tidak terlalu mulus. Hal ini menyebabkan WhatsApp menemui banyak halangan yang berakhir dengan penutupan layanan.

Salah satu negara yang pernah melakukan hal itu adalah negara Brasil. Bahkan bisa dibilang negera ini adalah negara yang paling antusias untuk menggulirkan penutupan WhatsApp. Tidak melulu soal enkripsi, Brasil juga menuduh WhatsApp seudah merugikan para operator lokal di negara tersebut. Tapi ternyata Brasil bukan hanya sekali memblokir WhatsApp. Brasil sudah terhitung dua kali memblokir WhatsApp dan yang terakhir kalinya baru-baru ini terjadi. Tepatnya pada Mei 2016, dimana aplikas ini diblokir selama 72 jam yang disebabkan oleh tidak menurutnya WhatsApp pada pemerintah Brasil atas sengketa enkripsi. Masalah ini tentu saja menjadi catatan yang kelam untuk WhatsApp.

Sebelumnya WhatsApp juga pernah diblokir selama 48 jam di Brasil. Hal ini karena, pilihan menelepon secara gratis yang disediakan oleh WhatsApp dianggap illegal dan tidak diatur oleh pemerintah sehingga hal tersebut menjadi senjata untuk mematikan eksistensi WhatsApp.

Tidak hanya di negara Brasil saja, layanan pesan milik Facebook ini pun pernah diancam keberadaannya di negara Iran. Tidak seperti di Brasil yang melakukan pemblokiran terhadap WhatsApp dalam jangka waktu pendek, Iran melakukan pemblokiran secara total. Untuk itu, warga di Iran tidak bisa menikmati aplikasi perpesanan ini. Nasib, Tango pun sama seperti WhatsApp. Keputusan ini sendiri diambil setelah pemerintah memberikan kesempatan pada WhatsApp dan Tango utnuk melakukan penyensoran terhadap konten yang ada.

(Visited 213 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.