Dibuat Foxconn, iPhone Digemari Orang Se-Jagat Raya

Semua orang se- jagat raya membicarakan iPhone. Mulai dari desain memikat, material body mewah  sampai  finishing touch yang nyaman dipegang. iPhone berhasil menjadi smartphone refresentatif kalangan atas. Menenteng iPhone ibarat kita mengendarai mobil mercy, mewah, bergengsi dan memberikan kenyamanan.

Menghasilkan produk sehebat iPhone, tentunya bukan perkara mudah. Mulai dari R&D  sampai produksi pasti melibatkan orang-orang hebat. iPhone punya almarhum Steve Jobs yang berhasil membuat fondasi dan karakteristik smartphone tersebut. Tapi, almarhum Steve Jobs dan segenap team R&D iPhone  tidak mungkin bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi jika tidak ada pabrikan yang mumpuni.

Advan G1, Bakal Sehebat iPhone 6?
Dibuat Foxconn, iPhone Digandrungi Orang se-Jagat Raya. Pabrikan inilah Dibalik Sukses iPhone

Siapa dan pabrikan apa dibalik sukses besar iPhone? Hanya ada satu pabrikan yang benar-benar memenuhi standar iPhone, yakni Foxconn. Pabrikan ini dipilih iPhone karena jaminan kualitas.

Perusahaan yang berkantor pusat di Taiwan ini menerapkan standard kualitas level tinggi dalam memproduksi setiap perangkat. Sebagai contoh saat memproduksi smartphone,  proses desainnya body-nya dibuat dengan keahlian yang presisi memakai logam dengan 8 CNC process.

“Proses ini digunakan di sektor manufaktur yang melibatkan penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan mesin (computer numeric control) yang mencakup internal structure & processing, the antenna structure processing, screen structure processing, 3D side hoe machining, 360 drilling Qieja, structure end milling, dan overall polishing process. Semuanya dilakukan dengan ketelitian tingkat tingggi menggunakan teknologi mutakhir,” ungkap Terry Gou, CEO Foxconn.

foto 1
Produksi iPhone memang rumit,  karena tiap komponennya didatangkan dari berbagai negara, kemudian disatukan dan dirakit di pabrik Foxconn sebelum diedarkan ke seluruh dunia. Di sinilah peran Foxconn sebagai pabrikan nomor satu di dunia yang bisa menghasilkan iPhone sebagai smartphone berkulitas dunia.

Foxconn tak henti-hentinya melakukan inovasi demi terus meningkatkan kualitas produksi. Sebagai upaya untuk meningkatkan teknologi otonom demi kelancaran produksi, Foxconn belum lama ini mengaplikasikan robot. Apakah dengan begitu, karyawan manusia tidak lagi dibutuhkan? Sebaliknya, peran manusia tak akan pernah tergantikan robot hingga kapanpun, terutama yang menyangkut kemampuan otak.

9

Karena pekerjaan yang mengandalkan robot adalah yang sifatnya monoton dan hanya mengandalkan fisik. Perusahaan menggunakan robot untuk mengurangi tugas yang sifatnya repetitive atau berulang-ulang yang sebelumnya dilakukan oleh karyawan manusia.

Sehingga dengan adanya bantuan robot ini, maka pekerja manusia bisa lebih fokus ke bagian manufaktur lain seperti riset dan pengembangan (R&D) dan kontrol kualitas. Dengan kata lain, Foxconn akan terus memanfaatkan tenaga robot otonom dan kekuatan manusia untuk bersinergi dalam operasi manufaktur sehingga baik kualitas maupun kuantitas produksi bisa meningkat secara signifikan.

foxconn_internship

Tidak berlebihan jika dikatakan ada Foxconn dibalik sukses iPhone. Nah, pertanyaannya, apakah Foxconn bisa membuat smartphone lain sehebat iPhone? Tentunya sangat bisa, perusahaan ini sudah terbukti memproduksi smartphone merk lainnya sekelas iPhone dan sukses di pasar.

Lantas, untuk pasar Indonesia, apakah Foxconn tertarik untuk bertarung memproduksi  smartphone merk lain sehebat iPhone? Nah, kita tunggu gebrakannya!

 

(Visited 131 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.