Teknologi 3D Touch Lebih Optimal dengan iOS 10

Sebelum menggunakan langsung iOS 10 yang mulai disebarkan 13 September nanti, berikut ini beberapa fitur yang wajib di simak.

Lock Scren Pada iOS 10

Pada pengunci layar atau lock screen tak ada lagi fungsi “swipe to unlock. Untuk membuka pengunci layar, setelah menyalakan layar tekan tombol home untuk menuju home screen.

Membunuh fitur yang telah menjadi trademark OS ini sejak pertama kali diluncurkan mungkin agak aneh awalnya. Hilangnya fitur ini mungkin akan mengganggu banyak pengguna iPhone. Namun pengorbanan ini dilakukan demi perancangan lock screen yang lebih fungsional. Kini mengusap layar ke kanan digunakan untuk akses cepat ke widget.

Membahas lock screen iOS, pasti pengguna iPhone 6S dan iPhone 6S tahu seberapa cepat pemindaian sidik jari smartphone tersebut. Bahkan bisa dibilang terlalu cepat, menekan tombol home akan membuka perangkat dalam sekejap. Bukan memberikan kesempatan untuk mengintip notifikasi lock screen.

Demi memperbaiki hal tersebut, maka pada iOS 10, layar akan menyala segera setelah iPhone diangkat. Sehingga notifikasi dapat langsung dilihat tanpa harus menekan tombol satu pun. Lampu layar akan menyala hanya jika iPhone diangkat secara vertikal seperti saat memegang di tangan. Layar jarang akan menyala jika smartphone tersebut digeletakkan pada meja. Namun demikian metode mengangkat untuk menyalakan ini hanya berjalan pada iPhone 6S. Fitur ini tidak didukung pada model iPhone 6 dan yang lebih lama.

Perubahan lain yang perlu ditekankan pada iOS 10 ini adalah pintasan kamera yang baru. Dengan menggeser ke arah kiri dari segala titik pada lock screen maka dalam sekejap kamera akan aktif. Sehingga Netters tak perlu mengarah pada tombol kecil di pojok lagi.

Fitur 3D Touch Sangat Berguna

Pada iPhone 6S, Apple membekali fitur 3D Touch, hal yang berbeda dengan produk iPhone sebelumnya. Namun sebelumnya fitur tersebut tidak memiliki fungsionalitas yang inovatif. Nah, dengan iOS 10, maka fitur tersebut mendadak jadi lebih berguna. Hal ini bukan hanya karena pintasan baru tersebut ditambahkan pada fungs-fungsi yang ada. Sebagai contoh, menu pengaturan atau Settings kini menyediakan akses cepat ke pengendalian Cellular Data. Sementara pada menu Phone, Netters dapat melihat panggilan-panggilan yang baru dilakukan atau pencarian kontak tertentu.

Pada iOS 10, menyentuh suatu menu secara 3D juga akan menampilkan widget. Sehingga pada banyak situasi akan membuat nyaman. Contohnya Phone dapat memberikan daftar koontak favorit, Weather dapat menampilkan kondisi saat ini, Activity menampilkan seberapa aktif Netters selama seharian, dan Calendar memberikan kilasan agenda-agenda tanpa harus membuka salah satu aplikasi ini. Ini adalah inovasi yang praktis dan terbaik!

Merapikan Control Center

 Fitur 3D Touch kini menjadi bagian dari pusat pengendalian atau control center. Bila menekan keras pada flashlight, maka ada tiga pengaturan tingkat pencahayaan. Panel pusat pengaturan juga telah diatur ulang sehingga tidak terlalu ramai. Music Control kini ditempatkan pada tab khusus dengan banyak ruang untuk tombol dan tampilan album.

(Visited 400 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.