HP Akuisisi Bisnis Printer Samsung Sebesar $1,05 Milyar

HP Inc. setuju untuk membeli bisnis printer Samsung Electronics sebesar $1,05 Milyar. Kesepakatan ini dirancang untuk membantu perusahaan Silicon Valley tersebut memperluas bisnisnya ke perangkat yang mengandalkan percetakan dan fotokopi untuk kelompok kerja kantor dalam jumlah banyak.

Transaksi yang tunduk pada persetujuan regulator ini diharapkan ditutup dalam waktu 12 bulan. Hal ini dikatakan oleh perusahaan tersebut pada hari Senin, 12 September 2016. Setelah proses akuisisi selesai, Samsung setuju untuk menginvestasikan modal sebesar $100 juta hingga $300 juta di HP melalui pembelian saham pasar terbuka.

HP merupakan perusahan hasil dari perpecahan Hewlett-Packard Co. pada musim gugur tahun lalu. Perusahaan tersebut menjual PC, tetapi sebagian besar keuntungannya berasal dari memasok tinta dan toner untuk printer yang dijualnya. HP merupakan pemimpin pasar di segmen printer kelas desktop.

Bisnis tersebut tak berkembang akhir-akhir ini, sebagian karena belakangan ini pengguna PC jarang mencetak di kertas. Bulan lalu HP melaporkan bahwa pendapatan dari pasokan tinta dan toner turun 18% pada kuartal tahun ketiga tahun lalu. Sementara penjualan unit perangkat keras printer turun 10%.

Kepala eksekutif HP, Dion Weisler menargetkan untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan dengan beralih ke kombinasi printer mesin fotokopi yang lebih besar yang dinamakan A3. Perusahaan yang sudah berkecimpung pada hal tersebut antara lain adalah Canon Inc, Konica Minolta, Ricoh Co. dan Xerox Corp. Samsung juga telah memiliki bisnis yang menjual mesin A3. Bisnis inilah yang akan diakuisisi oleh HP pada kesepakatan.

HP juga melihat kemampuan untuk memproduksi mekanisme yang sangat penting di dalam printer laser yang dikenal sebagai mesin pencetakan. Samsung mengembangkan mesin pencetakan yang digunakan dalam printer lasernya sendiri. Sementara HP selalu menggunakan pemasok eksternal untuk komponen-komponen tersebut.

Hal ini seperti dikatakan oleh Enrique Lores, presiden yang bertanggungjawab terhadap bisnis pencitraan dan pencetakan HP. Dia mengatakan bahwa dengan mengakuisisi teknologi mesin printer akan menunjang marjin keuntungan dan membantu pembentukan evolusi printer laser mereka. HP akan memiliki kendali pada teknologi intinya. Sehingga hal tersebut sangatlah penting.

Kesepakatan mencakup 6500 paten yang terkait dengan pencetakan Samsung. Hal ini juga akan membantu HP dalam mengembangkan bisnisnya. Sekitar 6000 pegawai Samsung akan bergabung dengan HP termasuk sekitar 1500 insinyur.

Tentang Bisnis Printer Samsung

Samsung sendiri telah mempersempit portofolio bisnis mereka di bawah kepemimpiman Lee Jae-yong. Dan mereka meningkatkan fokus marketnya di seputar perusahaan teknologi lain, hal ini dikatakan oleh Lee Sei-cheol, analis di NH Investment & Securities. Dia juga menambahkan bahwa kesepakatan tersebut dapat dilihat sebagai permintaan untuk memperkuat wilah kinerja yang lebih baik dari perusahaan Korea Selatan tersebut.

Perusahaan pembuat smartphone, chip memori dan kulkas tersebut menduduki peringkat kelima dalam pasar peripheral mesin kopi global dengan jumlah market share sebesar 4%. Peringkat tersebut setelah HP, Canon, Seiko Epson Corp dan Brothers Industries Ltd. Menurut perusahaan riset IDC, penjualan Samsung menurun sebesar 8,9% dalam kuartal kedua jika dibandingkan tahun lalu.

Samsung memasukkan angka penjualan untuk bisnis printernya pada divisi consumer electronics. Divisi tersebut mencakup penjualan televisi dan perlengkapan rumah tangga seperti kulkas dan mesin cuci. Tahun lalu, consumer electronics hanya menyumbang 4,7% dari keuntungan operasional perusahaan. Sementara divisi smartphone dan chip masing-masing menyumbangkan 38,4% dan 48,4%.

Amit Daryanani, analis di RBC Capital Markets memperkirakan dalam suatu catatan riset bahwa bisnis printer Samsung menghasilkan pendapatan tahunan $1 milyar dan $1,6 milyar. Dan menduduki peringkat 5 dalam penjualan printer PC.

Harapan HP

Selain memasuki pasar printer laser ukuran A3, HP diharapkan mencoba untuk mendiversifikasi produknya dengan teknologi proprietary yang berevolusi dari printer inkjet. PageWide yang menyemprotkan tinta dengan kepala pencetakan seluas kertas yang digunakan dapat mencetak warna lebih cepat dari inkjet tradisional dimana kepala pencetanya bergerak maju mundur sepanjang halaman. Biayanya pun lebih rendah dibandingkan printer laser.

 

(Visited 89 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Comment (1)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.