Google Home dan Chromecast Ultra Bikin Rumah Jadi Lebih Pintar

Pada ajang besarnya kemarin, selain memperkenalkan Pixel dan Pixel XL, Google juga memperkenalkan Google Home dan Chromecast Ultra. Harga perangkat tersebut masing-masing adalah $129 dan $69.

Google Home

Google Home adalah saingan dari Amazon Echo, perangkat yang didukung suara yang dijalankan oleh Assistant dari Google sendiri.

Fisik perangkat keras ini tampak indah dengan empat LED pada bagian atas yang akan menyala ketika mengenali kalimat “Okay, Google”. Bila lampu tersebut menyala, berarti Netters tahu bahwa alat tersebut sedang mendengarkan. Google Home memajang sistem mikrofon dengan beberapa mike demi keakuratan pengenalan suara untuk lokasi yang jauh.

Asisten rumah ini mampu mengendalikan perangkat rumah lain yang terhubung dari Nest, SmartThings, Philips dan IFTTT. Namun demikian, jika Netters memiliki Chromecast, maka Netters juga dapat melakukan streaming konten ke TV. Streaming juga bisa dilakukan pada musik dan konten dari YouTube, Google Music, Spotify, Pandora, Tunein dan IHeart Radio.

Harga Google Home ini adalah $129 atau sekitar Rp 1,7 juta, dan akan mulai dijual di bulan November. Sayangnya, hanya terbatas tersedia di Amerika Serikat saja.

Chromecast Ultra

Chromecast terkini memiliki julukan Ultra karena dapat melakukan streaming video 4K. Selain itu ada juga fitur canggih tambahan, yaitu konten video HDR dan Dolby Vision.

Perangkat keras yang dikemas dalam Chromecast Ultra ini 1,8 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Chromecast sebelumnya. Tersedia juga dukungan Ethernet, tetapi harus melalui suatu dongle. Harga perangkat ini pun tak semurah pendahulunya, Chromecast Ultra ini dibandrol di harga $69/€79/£69 atau sekitar Rp 900 ribu.

Chromecast Ultra

(Visited 189 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.