Apple Capai Rekor Penjualan di India, Microsoft Malah Keok Secara Global

Apple mencapai rekor jumlah penjualan iPhone terbesar di India pada tahun 2016 yaitu 2,5 juta unit berdasarkan data riset Counterpoint. Pada kuartal 4, perusahaan telah menjual 62% seluruh perangkat premium di India dengan harga lebih Rp 6 juta berkat peluncuran iPhone 7.

Market Share di India

Namun demikian dalam keseluruhan volume penjualan, Apple tak pernah mendekati puncaknya. Pasar India pada tahun 2016 dikuasai oleh Samsung dengan persentase 24%, jumlah tersebut diikuti oleh Vivo sebesar 10%. Dan pada posisi ketiga ditempati Xiaomi dan Lenovo yang masing-masing meraih 9%. Counterpoint menunjukkan bahwa gabungan perusahaan Cina meraih 46% market share pada tahun 2016. Angka tersebut jauh meningkat dari 14% pada tahun sebelumnya.

Apple masih berjuang untuk meraih market share yang terukur karena harganya yang tinggi dan rendahnya belanja pemasaran produknya. Appl berharap bahwa transaksinya dengan Wistron mengenai produksi perangkat di India akan cukup membantu. Seharusnya hal tersebut akan menurunkan harga karena terhindar dari biaya impor dan pajak tambahan.

Laporan Penjualan Microsoft

Berbeda dengan Apple, Microsoft justru mengalami penurunan pesat pada penjualannya secara global. Jika pada kuartal keempat tahun 2015 perusahaan tersebut berhasil menjual 4,5 juta smartphone Lumia secara global. Walau tak ada jumlah yang pasti, tampaknya pada tahun 2016 jumlah penjualannya turun drastis menjadi di bawah 1 juta unit.

Microsoft telah mengeluarkan laporan pendapatan kuartal 4 tahun 2016. Dari laporan tersebut dapat diketahui bahwa pendapatan dari penjualan ponsel turun 81% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

(Visited 73 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.