Apple Raup 83% Laba Market Smartphone Pada Kuartal Pertama

Netters, suatu laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan bahwa Samsung berhasil meraup 13% dari laba market smartphone kuartal pertama tahun ini. Angka tersebut merupakan 13% dari gabungan laba operasi yang dihasilkan oleh vendor-vendor smartphone di seluruh dunia.

Analisa Market Smartphone

Samsung membukukan $1,57 miliar laba operasi divisi smartphone pada kuartal kedua tahun ini. Ini berarti ada penurunan 21,9% dari periode yang sama satu tahun lalu. Samsung memang bukan pemimpin pasar dalam hal pengukuran ini. Apple justru jauh berada di depan. Perusahaan asal Cupertino tersebut membukukan laba operasi $10,1 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Persentase market share angka tersebut adalah 83,4% dari gabungan laba operasi industri smartphone di kuartal pertama tahun 2017. Apple mengalami 79,8% peningkatan laba operasi jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Data lebih lanjut mengungkapkan rasio laba operasi Apple berkaitan dengan jumlah penjualan adalh sebesar 30,7%. Angkat tersebut cukup tinggi jika dibandingkan rasio laba terhadap penjualan Samsung yang sebesar 9,7%.

Analis industri tersebut memandang bahwa Samsung mengalami kesulitan dalam meningkatkan profitabilitas karena jenuhnya market dan margin yang menyusut secara umum. Tentu akan menarik melihat apa langkah yang akan diambil perusahaan asal Korea Selatan ini pada kuartal berikutnya demi mengubah angka tersebut. Dan seberapa besar langkah tersebut akan memberi dampak pada laba operasional.

(Visited 35 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.