Windows Phone Tumbang, Tinggal Dua Platform Bersaing

Netters, resmi sudah persaingan platform perangkat mobile tinggal tersisa Android dan iOS saja. Penjualan Windows Phone pada kuartal pertama 2017 sangat kecil, yaitu 0,1%. Angka ini setara dengan 0,1% kategori gabungan platform lain.

Persaingan Dua Platform Sistem Operasi

Androis merupakan sistem operasi yang memimpin dengan market share kokoh 85%. Sisa 15% ada di iOS. Tetapi ada siklus naik turun, kuartal 2 dan kuartal 3 merupakan kuartal yang lemah bagi iOS. Ketika iPhone generasi berikutnya meluncur di kuartal 4 maka iOS pun naik beberapa poin.

Persaingan Vendor Smartphone

Sementara itu dari segi market share vendor smartphone, Samsung mengalami penurunan drastis pada kuartal 4. Ini adalah periode di mana ada peristiwa penarikan produk Note 7. Apple pun menyusul Samsung sebagai pemimpin pasar smartphone di dunia. Namun pada kuartal 1 2017, raksasa teknologi Korea Selatan tersebut kembali memimpin pasar smartphone.

Program diskon membantu penjualan duo Galaxy S7, smartphone andalan Galaxy S8 pun mengalami banyak permintaan. Tetapi portofolio perusahaan juga kuat pada level yang lebih rendah, yaitu seri A dan J. Sehingga volume penjualan pun meningkat secara signifikan. Smartphone andalan mereka tampaknya populer di pasar negara maju dan negara berkembang.

Table Market Share Smartphone

Sementara itu Apple mengalami sedikit penurunan penjualan dari tahun ke tahun. Penurunan tersebut dari angka 51,2 juta unit ke 50,7 juta unit. Tetapi harapannya smartphone dengan platform iOS akan kuat di kuartal 4 tahun ini, dan terutama tahun depan. Analis perusahaan sedikit menurunkan perkiraan untuk tahun 2017, tetapi menaikkan perkiraan tahun 2018. Bahkan mengatakan bawa 2018 merupakan tahun yang sangat kuat bagi Apple.

Huawei pun mengejar dalam persaingan ini dengan kenaikan penjualan ke angka 34,6 juta unit yang dipasarkan pada kuartal pertama 2017. Seperti halnya Samsung, perusahaan memiliki portofolio yang imbang. Di kelas high-end ada P10 dan Mate 9, sementara di kelas low dan mid range ada seri Y dan Honor.

Oppo juga sedang bangkit, penjualan R9 juga cukup kuat. Perusahaan bahkan lebih kuat di luar negara kelahirannya sendiri. Produk mereka sangat populer di wilayah Asia dan beberapa Timur Tengah dan Afrika. Layanan purna jual yang semakin baik merupakan faktor positif perusahaan tersebut.

(Visited 70 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.