Demi Restrukturisasi, Samsung Electronics Jual Saham Sharp!

Setelah beberapa hari lalu bisnis printer Samsung diakusisi oleh HP. Kini Samsung Electronics mengumumkan telah melepas kepemilikan sahamnya di Sharp Corp. Konglomerat Korea Selatan tersebut beralasan bahwa mereka sedang melakukan restrukturisasi pada portofolio Samsung.

Kepemilikan Saham Samsung Electronics

Pada tahun 2013, Samsung membeli 3% dari saham perusahaan Jepang, Sharp dengan harga  ¥10.3 milyar  (sekitar Rp 1,3 trilyun). Samsung memang tak mengungkapkan secara resmi harga jual dari saham Sharp. Tetapi seorang sumber yang dikutip oleh Wall Street Journal mengatakan bahwa penjualan dilakukan dengan sedikit kerugian bagi Samsung Electronics. Para pejabat Samsung juga menolak untuk mengungkapkan siapa yang membeli saham Sharp tersebut.

Menurut analis industri yang sama, pemicu utama pelepasan saham ini adalah fakta bahwa Samsung Electronics tak lagi membutuhkan kepemilikan saham di Sharp.  Diduga peran utama investasi Samsung di Sharp adalah akses kebutuhan akan paten teknologi pengkopian. Nah, seperti Netters ketahui sebelumnya, Samsung baru-baru ini telah menjual bisnis printer mereka ke HP. Dengan demikian kekayaan intelektual dari paten tersebut tak lagi dibutuhkan.

Sumber yang sama mengungkapkan bahwa penjualan tersebut juga dimulai dari diakusisinya Sharp oleh Foxconn. Foxconn memang telah mengambil alih Sharp bulan lalu. Maksud dari akuisisi ini memang kurang jelas alasannya. Foxconn memang perusahaan yang merakit iPhone besutan Apple, tetapi perusahaan tersebut juga merakit perangkat untuk Samsung dan sejumlah perusahaan teknologi lainnya.

Pihak Sharp sendiri menolak berkomentar tentang hal ini dengan mengatakan bahwa perusahaan tidak berada pada posisi untuk membuat komentar atas masalah tersebut.

(Visited 119 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.