Prediksi iPhone Laris Manis di Musim Liburan, Ini Valuasi Harga Saham Apple!

Angka pemasaran Apple selalu sedikit lebih susah untuk diprediksi. Ini karena Apple cukup tertutup dalam mengungkap angka penjualan. Banyaknya analis dan pihak ketiga yang tertarik pada hal ini dan mempublikasikan laporan mereka sendiri, namun juga tak banyak membantu. Tentu ada trik tertentu dalam memperkirakan angka-angka tersebut. Ada begitu banyak komponen yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Apakah iPhone dan beberapa produk andalan Apple lainnya memiliki banyak peminat? Bagaimana cara mencari tahunya? Nah, simak analisa berikut ini.

Prediksi Penjualan iPhone

Cara yang biasanya akurat untuk melakukan pendekatan adalah memeriksa rantai pemasok Apple. Seringkali para pemasok tersebut lebih bersedia berbagi informasi. Pada pengembangan terkini, Dialog Semiconductor telah melaporkan pendapatan mereka yang positif. Analis RBC Capital Market, Amit Daryanani menggali hal ini secara lebih jauh. Menurutnya, ekpektasi pendapatan Dialog untuk kuartal terakhir telah ditingkatkan sebesar 13% dari $290 juta ke $ 320 juta, dan kini naik hingga $345 juta. Dan tampaknya Apple menyumbang 75%-80% dari pendapatan perusahaan tersebut dan cenderung untuk membuat iPhone.

Dari informasi tersebut, sepertinya Apple sedang menyiapkan penjualan yang kuat pada kuartal terakhir tahun 2016. Ada beberapa pengamatan lain yang mendukung prediksi ini juga. Daryanani menunjukkan data yang lebih baik dari ekspektasi operator telekomunikasi sebelumnya. Sehingga terbukti bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 cukup populer.

Survey Produk

Lebih lanjut lagi, pada survey yang dilakukan RBC baru-baru ini di antara pembeli prospektif, dapat diperhatikan adanya kecenderungan untuk bergeser ke produk yang harganya lebih tinggi. Hal ini mencakup 45% ketertarikan pada handset 5,5 inchi yang lebih besar. Angka ini naik dari 38% di tahun lalu. Seiring dengan adanya pilihan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, pengguna juga lebih menyukai model 128 GB ketimbang 32 GB. Sehingga Apple pun membuat lebih banyak model yang lebih banyak peminatnya tersebut.

Masyarakat pun tampaknya juga tertarik dengan produk lain dari Apple. Contohnya adalah Apple Watch dengan 17% ketertarikan, jika dibandingkan tahun lalu hanya 13%. Sedangkan Apple Pay naik dari 16% ke 24%. Ditambah lagi adanya kejadian baterai Galaxy Note 7 yang overheating dan hangus sedang melanda Samsung. Tentu saja hal tersebut juga akan mempengaruhi penjualan produk Apple.

Valuasi Saham Apple

Dengan mempertimbangkan seluruh hal tersebut, maka Daryanani memperkirakan target harga saham Apple menjadi $125 pada kuartal keempat. Sedangkan dalam hal pendapatan, dia meningkatkan prediksi kuartal tiganya menjadi $47,3 milyar dari total penjualan unit iPhone sebanyak 44,2 juta. Untuk kuartal keempat mendatang, angkat tersebut adalah $78,7 milyar dan penjualan smartphone sebesar 79 juta.

 

(Visited 64 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.