Demi Fokus Bisnis Layanan Data, XL Axiata Lepas Elevenia ke Salim Group

Netters, XL Axiata menandatangani kesepakatan menjual seluruh sahamnya di PT XL Planet (elevenia) termasuk saham SK Planet ke Salim Group. Akuisisi elevenia tersebut dilakukan Salim Group melalui anak perusahaan PT. Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Keputusan XL Axiata Melepas Kepemilikan Saham elevenia

Langkah XL Axiata melepas kepemilikian elevania ini merupakan pilihan strategis untuk fokus pada bisnis layanan data. Keputusan ini juga akan mengurangi dampak kerugian dari elevenia sehingga dapat mengalokasikan modal ke bidang yang menguntungkan para pemegang saham. Dan tentu saja demi layanan yang lebih baik untuk para pelanggan.

“Kami mengambil keputusan ini melalui perhitungan yang cermat pada berbagai pilihan yang bisa memberi nilai tambah untuk perusahaan. Sehingga kami bisa lebih fokus menjadi penyedia layanan telekomunikasi data. Dukungan pada industri e-commerce dilakukan melalui fitur-fitur digital pada layanan data yang disediakan untuk pelanggan,” ucap Dian Siswarini.

Pesatnya pertumbuhan e-commerce dan banyaknya pemain membuat persaingan semakin ketat. Sehingga sektor ini terdesak ke dalam model bisnis dengan investasi yang besar. Persaingan semakin keras dengan datangnya pemain besar yang didukung investor raksasa dan profitabilitas pun semakin tak menentu.

XL Axiata dan SK Planet masing-masing memiliki kepemilikan 50% saham. Kesepakatan tersebut melepas seluruh saham, baik yang dimiliki XL Axiata maupun SK Planet ke anak perusahaan Salim Group. Rencananya transaksi ini diselesaikan pada paruh kedua tahun ini setelah semua persyaratan dan terpenuhi dan mendapat persetujuan beberapa instansi terkait.

(Visited 128 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.