Uptime Institute Beri Sertifikasi Internasional Pada Data Center XL Axiata

Netters, XL Axiata sangat memperhatikan aspek keamanan dalam pengembangan bisnis data center bagi setiap pelanggannya. Sehingga memberikan layanan data center berstandar internasional menjadi tantangan tersendiri. Maka XL Axiata pun menyambut gembira sertifikasi “Uptime Tier III Design” yang diberikan oleh Uptime Institute untuk Data Center Bintaro. Uptime Institute sendiri adalah suatu lembaga sertifikasi asal Inggris.

“Sebagai salah satu Data Center terbesar yang dimiliki XL Axiata, Data Center Bintaro melayani sejumlah perusahaan besar. Layanan tersebut berupa pusat penyimpanan data, sehingga aspek keamanan pun harus selalu dipastikan. Hal ini berlaku untuk semua Data Center milik kami,” ucap Aun Abdul Wadud, Head of Product Solution Management XL Axiata.

“Kami mendapatkan pengakuan dengan adanya sertifikasi ‘Uptime Tier III Design’. Selain itu juga merupakan jaminan kualitas layanan dengan standar Internasional di Data Center Bintaro. Hal ini tentu memicu kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan di Data Center lain,” lanjutnya.

Sertifikat tersebut menjamin Data Center Bintaro mempunyai fasilitas lebih dari 1 jaringan dan sumber daya listrik. Fasilitas tersebut memiliki tingkat uptime sampai 99,982%. Sehingga memenuhi syarat “No Shut Down” pada Data Center Tier III. Sebelum Data Center Bintaro, Data Center Surabaya pun telah meraih sertifikat yang sama.

Selain sertifikat tersebut, Data Center XL Axiata juga telah menyandang sertifikasi berikut ini:

  • ISO/IEC 27001:2013 untuk Information Security Management
  • PCIDSS (Payment Card Industry Data Security Standard)
  • ISO/IEC 20000-1:2011 untuk Information Technology Services Management
  • ISO/IEC 9001: 2008 untuk Quality Management System

 Keberadaan seluruh sertifikat tersebut menjadi bukti keseriusan XL Axiata menyediakan layanan Data Center berkualitas bagi semua pelanggan di setiap wilayah.

Jumlah Data Center yang dimiliki XL Axiata saat ini ada lima. Lokasi Data Center tersebut ada di Bandung, Bintaro-Tangerang, Cibitung, Pekanbaru dan Surabaya. Tiga di antara Data Center tersebut memberikan layanan publik berupa cloud atau komputasi awan, colocation dan disaster recovery center (DRC). Ketiga lokasi Data Center ini berada di Bintaro-Tangerang, Pekanbaru dan Surabaya.

Tak kurang ada 50 perusahaan menggunakan Data Center XL Axiat untuk mempercayakan penyimpanan data mereka. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di bidang finansial, e-commerce, jasa jaringan telekomunikasi dan lain-lain.

(Visited 83 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.