Indosat Ooredoo Sediakan 9 API untuk Garap Aplikasi di Hackathon IWIC ke-11

Netters, Indosat Ooredoo menggelar Hackathon IWIC 11 dengan lebih dari 200 peserta. Peserta tersebut mencakup para developer muda, start-up lokal dan anak muda dari seluruh Indonesia. Para peserta saling berkompetisi membuat aplikasi mobile dalam waktu 24 jam.

Istimewanya, pada hackathon kali ini, digunakan Application Programming Interface (API) Indosat Ooredoo yang berfungsi sebagai protokol untuk membangun aplikasi. API ini memberikan akses lebih cepat ke aplikasi yang bisa berinteraksi dengan pelanggan. Indosat Ooredoo menyediakan akses sembilan API kepada para developer selama Hackathon IWIC 11.

Sembilan API tersebut memberi akses untuk SMS Broadcast, SMS Location-Based Advertising, USSD Push, Carrier Billing, Balance, Device, Location ID, Kuota Data, dan Subscriber Type Prepaid/Postpaid. Dengan demikian para developer muda berkesempatan mengenal dan memahami API Indosat Ooredoo. Berkat API ini para developer muda dapat memperoleh gambaran ketika melayani pelanggan Indosat Ooredoo langsung melalui aplikasi yang dibangun.

“Kami yakin dengan kemampuan anak bangsa untuk berperan mengembangkan ekosistem dunia digital di Indonesia. Harapannya akan ada banyak aplikasi mobile yang gampang diakses demi memberi solusi masalah yang kerap terjadi di masyarakat dan meningkatkan perekonomian Indonesia melalui IWIC 11 ini. API Indosat Ooredoo juga diperkenalkan pada Hackathon. Sehingga para developer terbantu dalam mengembangkan aplikasi baru yang inovatif dengan cepat. Hal dilakukan dengan memakai aset layanan dan data Indosat Ooredoo,” ucap Joy Wahjudi, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Hadiah dan Kategori IWIC

Indosat Ooredoo menyediakan fasilitas lengkap bagi peserta selama Hackathon. Fasilitas tersebut mencakup tenaga medis, ambulans, tempat istirahat, sudut hiburan, makanan dan minuman. Hadiah yang disediakan bagi para pemenang Hackathon yang sesuai kriteria juri adalah sertifikat dan uang puluhan juta rupiah. Sementara itu hadiah untuk para pemenang IWIC mencakup uang tunai ratusan juta rupiah dan kesempatan mengunjungi berbagai perusahaan global.

Kategori kompetisi yang bisa diikuti pada program IWIC 11 adalah Begineers, Kids & Teens, Professional dan Women & Girls. Berbagai kategori aplikasi mobile yang dapat diikuti peserta kontes adalah Entertainment, Media (chatting, ebook, media sosial), Special needs dan Utility. Peserta bisa menciptakan gagasan dan aplikasi untuk sistem operasi Android, iOS dan Windows Mobile.

(Visited 64 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.