Sampoerna Telekomunikasi Indonesia Lepas Aset Menara, Mengapa?

Netters, PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) sepakat untuk melepas aset menara mereka ke PT. Inti Bangun Sejahtera, Tbk (IBS). IBS sendiri adalah perusahaan penyedia menara telekomunikasi. Kedua perusahaan tersebut juga menandatangani perjanjian sewa menara induk jangka panjang. Kebutuhan menara STI akan dipenuhi oleh IBS dengan infrastruktur yang dimiliki.

Kesepakatan Sampoerna Telecom Indonesia dan Inti Bangun Sejahtera

Jumlah menara yang dimiliki IBS pada tahun 2016 sudah mencapai 3.677 unit. Sehingga STI merasa IBS dapat mendukung STI dalam meluncurkan layanan 4G LTE mereka secara nasional. Kesepakatan antara STI dan IBS adalah strategi STI untuk fokus pada pengembangan bisnis 4G LTE mereka. Sementara fungsi-fungsi yang bukan inti bisnis utama dipercayakan pada pihak ketiga. Dengan demikian STI dapat segera menyediakan layanan pita lebar 4G LTE bagi konsumen dan pelanggan bisnis. Hal tersebut diungkapkan oleh JD Fouchard, CEO ice group yang merupakan pemegang saham STI.

Transaksi pelepasan aset tersebut dibagi dalam beberapa tahap dan disesuaikan dengan kondisi penutupan transaksi. Pelepasan aset menara STI kepada IBS dipastikan tak berdampak signifikan pada bisnis STI. Rincian transaksi tersebut tak disebutkan nilainya.

“Kami menempuh langkah ini demi melakukan efisiensi dan meningkatkan kerja STI. Sehingga kami bisa lebih fokus pada pengembangan layanan koneksi data pita lebar di daerah rural dan sub urban Indonesia. Tentu saja pengembangan tersebut mengedepankan kualitas jaringan yang memadai dan jangkauan yang luas,” ucap Larry Ridwan, CEO STI.

Layanan data pita lebar 4G LTE dengan brand Net1 Indonesia memang belum diluncurkan secara nasional. Kendati demikian sejumlah daerah di Indonesia telah memakai layanan dengan frekuensi 450 MHz tersebut. Target STI adalah melakukan migrasi seluruh pelanggan Ceria di jaringan CDMA ke layanan Net1 yang berbasis 4G LTE. Harapannya target tersebut tercapai sampai awal tahun 2018.

(Visited 12 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply