5 Nilai Positif Dari Tumbuhnya BTS Telkomsel Pada Daerah Perbatasan

Kebutuhan berkomunikasi memang telah menduduki peringkat atas bagi kehidupan pada era sekarang ini, sehingga banyak masyarakat sekarang semuanya tergantung dengan alat telekomunikasi.

Sarana telekomunikasi memang memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, terlebih lagi bagi wilayah yang masih susah terjangkau seperti daerah perbatasan. Dengan memahami kebutuhan seperti ini maka Telkomsel selaku operator milik Indonesia mempunyai kewajiban untuk bisa menyatukan Indonesia dengan dunia Telekomunikasi.

Apa saja nilai positif yang timbul dari tumbuhnya teknologi telekomunikasi Telkomsel di daerah Perbatasan:

  • Kemudahan Berkomunikasi

Jelas dengan adanya teknologi telekomunikasi setiap masyarakat bisa melakukan komunikasi keseluruh pelosok dunia dengan cepat dan mudah. Sehingga jalinan tali silahtirahmi bisa berjalan dengan baik walau hanya sekedar suara dan tak berjabatan tanggan.

anaksd_belajar-internet_antarafoto-1326961213

  • Dunia Pendidikan

Dunia pendidikan akan semakin maju jika sarana bertelekomunikasi bisa berjalan dengan lancar, karena setiap siswa akan secara mudah mencari tentang informasi bagi displin ilmunya, begitu juga dengan guru, mereka akan semakin mudah untuk mencari materi untuk mengajar.

  • Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya teknologi telekomunikasi juga berdampak pada dunia ekonomi, karena mudahnya berkomunikasi. Transaksi perdagangan akan dengan mudah dilakukan, seperti contoh nelayan yang pulang melaut akan dengan mudah memasarkan hasil tangkapanya dengan melakukan transaksi lewat telepon dulu kepada penjual di pasar ikan, kemudahan inilah yang membuat nilai ekonomi akan tumbuh.

  • Kemudahan mengakses infomasi

Pada era sekarang ini kemudahan untuk mengakses informasi sangatlah diperlukan oleh segenap masayarakat, terlebih akses informasi bagi kebutuhan umum, seperti pelayanan jasa kependudukan, kesehatan, prakiraan cuaca dan masih banyak lainnya.

wkDqXiekLQ_1462332208

  • Tumbuhnya industri kreatif

Setiap wilayah pasti memiliki ciri khas yang dimiliki mulai dari kerajinan, sumber daya alam atau yang lain. Namun kendala yang sering mereka alami adalah keterbatasan inforamasi mulai dari memasarkannya, atau refensi untuk menciptakan ide baru. Dengan tumbuhnya teknologi komunikasi jelas semua ini akan dapat dengan mudah mereka atasi, seperti pemasaran mereka bisa menjualnya secara online.

Dampak  positif inilah yang bisa membangun daerah terpencil sehingga setara dengan wilayah lain di Indonesia. ” Kebutuhan berkomunikasi bagi masyarakat Indonesia merupakan hak yang dimiliki tanpa harus melihat jabatan, ras, jenis kelamin dan usia, semuanya punya hak yang sama, ucap Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Telkomsel secara nasional telah mengoperasikan 627 base transceiver station (BTS) yang berlokasi di perbatasan dengan Singapura, Malaysia, Vietnam, Timor Leste, Australia, Filipina, dan Papua Nugini.

menara-bts-base-transceiver-stations-milik-telkomsel-di-pulau-_130104152440-390

Dari 627 BTS yang berbatasan langsung dengan delapan negara tetangga tersebut, 148 di antaranya merupakan BTS 3G yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan data. “Beroperasinya BTS 3G Telkomsel di perbatasan negara mempertegas komitmen kami dalam menyediakan layanan broadband yang merata, yang membuat masyarakat di wilayah perbatasan dapat menikmati internet dengan kualitas yang setara dengan masyarakat di kota besar sekalipun,” jelas Ririek.

Hadirnya layanan Telkomsel secara nyata mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah sekaligus menjadi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru. Terlebih lagi mengingat posisi penting wilayah-wilayah perbatasan yang secara geopolitik sangat strategis dalam menjaga keutuhan negara. (AAP)

(Visited 231 times, 2 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.