Suatu Tuntutan Class Action Meminta California Melarang Penjualan iPhone

Suatu Tuntutan Class Action diajukan pada Pengadilan Tinggi Daerah Los Angeles oleh Hukum Otomotif MLG. Tuntutan tersebut mengklaim bahwa Apple telah memiliki teknologi sejak tahun 2008 untuk mencegah pengguna iPhone menulis teks saat menyetir mobil. Apple memang menerima paten pada tahun 2014 atas penemuan serupa. Gugatan tersebut menuduh Apple tak mengimplementasikan teknologi karena akan merugi dibandingkan produsen ponsel lain yang tak membatasi penggunaan konsumen atas perangkat tersebut.

Data Tuntutan

Tuntutan menggunakan data dari DOT yang mengatakan bahwa 1,5 juta orang menulis pesan teks dan menyetir pada jalan umum negara. Gugatan juga mengutip Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional yang mengatakan bahwa menyetir sambil menulis pesan teks enam kali lebih berbahaya dari pada berkendara sambil mabuk. Dan keadaan pun semakin memburuk. Patroli Jalan Raya California dan Administrasi Jalan Raya Federal mengatakan bahwa iPhone bertanggungjawab atas 52 ribu kecelakaan mobil dan 312 kematian per tahun di negara tersebut.

Tuntutan Class Action

Penggugat pada tuntutan baru ini adalah Costa Mesa Julio Ceja yang mobil bagian belakangnya ditabrak oleh pengendara lain yang terganggu oleh iPhone yang digunakan. Tuntutan ini meminta penghentian penjualan iPhone di California sampai Apple memperkenalkan metode yang mencegah pengguna smartphone mengirim pesan sambil menyetir. Tuntutan serupa diajukan orang tua dari anak perempuan berusia 5 tahun yang terbunuh ketika sopir menggunakan FaceTime saat menyetir. Gangguan tersebut menyebabkan sopir menabrak mobil di depannya dengan kecepatan 65 mil per jam, membunuh anak tersebut. Tuntutan tersebut juga mengacu pada paten tahun 2008 yang memungkinkan Apple untuk menerapkan alat untuk memblokir sopir menggunakan FaceTime.

Tak seperti tuntutan yang meminta pelarangan penjualan iPhone di California (Ceja versus Apple). Tindakan hukum yang berasal dari kematian anak perempuan berusia lima tahun ini hanya meminta ganti rugi kerugian secara keuangan.

2017 01 17 Ceja v Apple Class Action Complaint by MalcolmOwen on Scribd

(Visited 54 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.