TV OLED 4K Andalan LG Hadir dengan Desain Sangat Tipis

LG mempertahankan mahkota kualitas televisi juaranya di acara CES 2017. Selama beberapa tahun, dedikasi perusahaan asal Korea Selatan tersebut pada seperangkat layar OLED telah memperoleh kesetiaan para penggemar home theater. Rumornya LG juga akan bersaing dengan TV OLED 4K besutan Sony. Sehingga tahun ini, perusahaan tersebut harus mencari cara agar dapat menonjol. Maka LG pun melakukannya melalui presentasi. Ini adalah seri LG Signature 4K OLED yang baru. W merupakan kepanjangan dari wallpaper atau kertas pelapis dinding. Maksudnya adalah TV yang dapat digantungkan seperti foto di dinding. TV ini memiliki sistem dua bagian, yaitu layar utama di atas dan sound bar Dolby Atmos di bawahnya. Soundbar tersebut juga menjadi bagian utama TV yang mencakup inpot HDMI dan lain-lain.

Dimensi TV OLED 4K Andalan LG

Layar TV ini menggunakan panel OLED HDR 4K yang memiliki ketebalan 2,57 mm. Ini adalah model layar berukuran 65 inci, seri W ini juga hadir dalam ukuran 77 inci. Tetapi intinya ketebalan dari TV ini sangat sangat tipis. Ketipisannya sangat susah dipercaya. Dengan berat 7,7 kg pada versi ukuran layar 65 inci, TV ini termasuk cukup ringan.

Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)

Hal ini dimungkinkan berkat teknologi OLED yang tak membutuhkan pencahayaan latar yang sama dan tambahan ruang sebagaimana perangkat LCD. Pada dasarnya memisahkan otak TV dari panel memungkinkan LG untuk menciptakan layar cantik yang dapat dipasang melaui kabel bawaan ke soundbar di bawahnya. Namun TV ini tak dapat didudukkan di meja. Satu-satunya pilihan adalah menempelkannya ke dinding. Eksekutif LG mengatakan bahwa TV tipis ini mampu mengantarkan gambar yang lebih baik dengan model di peringkat puncak tahun lalu.

Pada sisi soundbar, LG mengatakan bahwa konsumen dengan surround system mereka dapat memintas bar Dolby Atmos jika mereka telah menjalankan pengaturan yang lebih baik. Tetapi soundbar berukuran besar tetap harus menempati ruang di meja. Tak ada pilihan kotak pendamping yang lebih kecil untuk TV OLED andalan ini, setidaknya belum. Tampaknya penampilan TV ini memang cukup bagus saat demo singkat. Dua speaker melingkar yang naik dari sisi kiri dan kanan saat dinyalakan cukup keren. Speaker ini akan masuk kembali ke bodi setelah selesai digunakan.

Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)

Kualitas Gambar dan Platform

LG membuat sedikit peningkatkan kualitas gambar pada jajaran OLED 2017 mereka yang mencakup B7, C7, E7, G7, dan W7. Model-model selain W memiliki desain yang kurang radikal dan peningkatan yang tak terlalu kentara dari jajaran seri tahun lalu. Peningkatan utama adalah kemampuan untuk menjadi lebih cerah ketika diperlukan pada adegan-adegan tertentu. Seluruh model TV tersebut juga mendukung segala jenis video HDR seperti HDR10, Dolby Vision, dan HLG (Hybrid Log Gamma). Tampaknya Technicolor meminjamkan beberapa pakar ilmu warna yang berkaitan dengan teknologi kalibrasi dan reproduksi kepada LG dalam membuat perangkat tersebut.

WebOS terus menjadi platform perangkat lunak yang menjadi dasar TV ini. Kini pada versi 3.5 pada TV LG tak banyak perubahan dari tahun 2016. Platform ini tetap menjadi antarmuka TV yang paling penuh warna dan kemungkinan paling menyenangkan dari brand-brand utama. Namun bukan berarti menjadikannya platform terbaik. Tentu banyak yang mengharapkan TV ini menjalankan Android TV atau Chromecast. LG telah bermitra dengan Netflix, Amazon Video, dan Vudu tahun ini. Sepertinya untuk memberikan penempatan konten 4K dan HDR yang lebih menonjol pada antar muka tersebut.

Harga dan Ketersediaan

LG belum mengungkapkan harga dari TV seri Signature 4K OLED ini, tetapi sepertinya akan sangat mahal. Kemungkinan lebih mahal jika dibandingkan dengan produk TV lain yang dipamerkan pesaing seperti Samsung dan Sony di acara CES ini. Untungnya TV dengan kualitas gambar yang sama bagusnya tetap bisa didapatkan di jajaran OLED LG 2017 dengan harga lebih murah.

Pada acara CES ini memang bisa dijumpai TV dengan teknologi baru yang sangat menyolok dan tak dapat dipercaya mata. Seri Signature OLED W berukuran 65 inci ini akan mulai dikirim bulan Februari dan akan tiba di toko-toko pada bulan Maret. Sedangkan varian berukuran 77 inci masih akan hadir sedikit lebih lama lagi.

Sumber: James Bareham (The Verge)
Sumber: James Bareham (The Verge)
(Visited 273 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.