Keren! Sony Umumkan TV Bravia 4K OLED dengan Dolby Vision HDR

Sony baru saja mengungkapkan TV Bravia 4K OLED XBR-A1E pada CES 2017. Ini adalah TV andalan perusahaan asal Jepang tersebut di tahun 2017. Berita ini mengkonfirmasi bahwa ada pergeseran besar dalam teknologi layar TV untuk ruang tamu. TV OLED telah menjadi andalan LG selama beberapa tahun, karena produsen TV lain fokus pada layar LCD. Tetapi akhirnya kini hadir persaingan yang cukup signifikan.

Spesifikasi TV Bravia 4K OLED

Peralihan Sony ke teknologi OLED memungkinkan Sony untuk menawarkan TV dengan tingkat hitam yang belum pernah ada sebelumnya, warna yang hidup dan kaya, kontras dinamis, gambar yang tak terlalu buram dan sudut pandang yang lebih lebar. LG kemungkinan akan tak setuju dengan hal yang belum pernah ada sebelumnya. Tetapi mungkin hal tersebut benar jika dibandingkan dengan televisi Sony sebelumnya. Sony tak benar-benar memproduksi layar OLED, tetapi layar tersebut disediakan oleh LG Display. Divisi tersebut terpisah dari LG Electronics dan persaingan bisnis TV. Sony menolak untuk mengidentifikasi vendor dari layar OLED mereka.

sony2

Tersedia dukungan Dolby Vision HDR secara built in dan chip yang disebut dengan Prosesor 4K HDR X1 Extreme. Prosesor tersebut mengendalikan segalanya. TV tersebut sangat sangat tipis, namun tak begitu sama dengan yang diungkapkan oleh LG sebelumnya. Kendati demikian sosok TV yang ramping mengharuskan Sony untuk memindahkan bagian dalam TV ke sandaran lipat di bagian belakang.

ka_65_bty04_side01_screenfill

OLED biasanya menawarkan kesuperioran pada tingkat hitam dan warna yang lebih tajam jika dibandingkan dengan kebanyakan perangkat LCD. Mudah-mudahan kualitas gambar dari TV Bravia Sony ini akan benar-benar luar biasa. Tetapi ada suatu keanehan mengenai TV tersebut, yaitu suaranya. Tak ada speaker konvensional yang terlihat di mana pun. Malah Sony menghadirkan teknologi suara Acoustic Surface.

Cara Kerja Teknologi Suara Acoustic Surface

Sony mengembangkan teknologi suara Acoustic Surface baru dengan memanfaatkan struktur OLED yang tanpa backlight. Berkat desain yang cerdas, keseluruhan layar beresonansi dengan suara yang kaya , yang dipancarkan langsung dari layar itu sendiri.

ka_65_bty03_logo_screenfill

Jadi audio dari film yang sedang ditayangkan TV akan terdengar seperti datang langsung dari layar itu sendiri. Namun apakah suara tersebut bagus? Sony mengklaim pendekatan ini menghasilkan sinkronisasi suara dan gambar dari segala sudut, bahkan ke bagian sampingnya.

Pilihan Ukuran Layar

Seri TV Bravia 4K OLED XBR-A1E ini akan tersedia dalam pilihan ukuran layar 55 inci, 65 inci dan 77 inci. Sony belum mengumumkan harga dari TV tersebut. Namun rentang harga TV OLED LG mulai dari $2.000 atau setara dengan Rp 33,5 juta untuk TV ukuran 55 inci. Harga tersebut naik hingga $20.000 atau setara Rp 270 juta untuk TV Signature G6 berukuran 77 inci. Jadi agak sulit untuk menebak harga yang diminta untuk TV besutan Sony tersebut. Tanggal perilisan TV tersebut pun belum diberikan oleh Sony. Tetapi biasanya TV yang diumumkan pada acara CES akan diluncurkan pada musim semi.

ka_65_bty01_hero

Sistem Operasi Sony Bravia

Layaknya televisi lain, Sony Bravia baru ini menggunakan platform Android TV. Pengendalian TV ini dapat dilakukan dengan speaker Google Home. Berbagai aplikasi dapat diunduh dari Google Play. Kerennya berbagai konten dari smartphone, tablet atau komputer dapat disiarkan ke layar TV OLED ini. Perusahaan layanan TV internet PlayStation Vue juga akan menempati tempat khusus pada menu. Sony juga menyertakan layanan video 4K Ultra pada TV ini. Jadi bagi yang tak menyukai platform webOS TV LG, TV besutan Sony ini dapat menjadi alternatif karena kualitas gambarnya serupa.

TV LED Sony

Sony juga menyegarkan jajaran TV LED mereka dengan model-model baru, mencakup seri  X940E dan X930E. Mereka telah meningkatkan model-model tersebut dengan kinerja yang lebih cepat dibandingkan jajaran pada tahun lalu. Selain itu juga ada dukungan Dolby Vision dan peningkatan keluaran HDR. Informasi lebih rinci mengenai produk tersebut dapat dilihat pada situs resmi Sony.

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.