5G Resmi Menjadi Teknologi Telekomunikasi Masa Depan

Berdasarkan 3GPP (3rd Generation Partnership Project), kini 5G telah resmi menjadi standar bagi koneksi pita lebar nirkabel yang akan datang.

Logo dari konektivitas ini telah diumumkan, pada logo tersebut terdapat bentuk gelombang yang baru. Bentuk gelombang tersebut merupakan perluasan dari logo gelombang LTE yang sudah ada. Warna hijau pada gelombang berasal dari versi LTE-Advanced Pro.

“Gagasan tersebut adalah untuk menjaga aspek desain yang tak asing dengan penggunaan teks hitam polos dan gelombang yang bertekstur, namun membuat logo lebih kuat dan tajam. Logo tersebut siap untuk digunakan pada spesifikasi ini generasi mendatang dan radio baru untuk 5G,” tulis perusahaan tersebut pada situs mereka.

Tujuan pembuatan logo baru tersebut adalah untuk membedakan dari branding 4G LTE yang sudah ada. Sehingga dapat membantu konsumen untuk memahami perbedaannya. Karena logo LTE Advanced dan LTE Advanced Pro begitu mirip.

Kendati standar baru kini telah memiliki nama dan brand resmi, teknologi itu sendiri masih jauh beberapa tahun. Spesifikasi Fase 1 awal belum direncanakan oleh 3GPP hingga akhir tahun 2018.

Penelitian 5G

Namun demikian penelitian tentang 5G telah begitu banyak dilakukan di Kanada,dengan pemain-pemain utama seperti Telus, Huawei, Rogers, Bell, Nokia, pemerintah Ontario dan pemerintah B.C. yang berinvestasi di teknologi.

Kejadian penting yang selama tahun 2016 pada penelitian 5G di Kanada adalah janji Huawei pada Mei 2016 yang berinvestasi CAD 16 juta dalam usahanya mempercepat 5G Ontario, uji coba pertama Bell dengan Nokia dan keberhasilan uji coba 29,3 Gbps yang dilakukan oleh Telus dan Huawei dalam 5G Living Lab mereka di Vancouver.

Harapannya 5G akan menyediakan tingkat standar kecepatan 10 GB per detik melalui udara.

(Visited 148 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.