Samsung Segera Mulai Produksi Chipset 10 nm Generasi Kedua

Samsung telah mengumumkan bahwa generasi kedua dari proses 10 nm mereka telah siap untuk diproduksi. Dan perusahaan tersebut juga telah meningkatkan kapasitas produksi pabriknya.

Proses Produksi Chipset Samsung

Snapdragon 835 dan Exynos 8895 dibuat dengan proses LPE (Low Power Early) 10 nm. Generasi kedua dari proses tersebut aakn diberi nama LPP (Low Power Plus) 10 nm. Proses tersebut akan memberikan peningkatan pada struktur FinFET 3D.

Hasilnya, ada peningkatan kinerja 10% atau penurunan konsumsi daya sebesar 15%. Kemungkinan proses LPP 10 nm ini digunakan untuk menyegarkan kedua versi chipset teratas Snapdragon dan Exynos. Samsung sedang memasang peralatan pabrikasi di jalur produksi terbarunya. Jalur produksi S3 tersebut ada di Hwaseong, Korea Selatan. Pabrik tersebut akan siap untuk mulai meluncurkan chipset pada kuartal akhir tahun ini.

Suatu contoh dari perpindahan dari LPE ke LPP adalah Galaxy S6 dan S7. Chipset yang digunakan pada smartphone tersebut, yaitu Exynos 7420 (S6) dibuat dengan proses LPE 14 nm. Sementara Exinos 8890 (S7) ditingkatkan ke LPP 14 nm. Namun demikian proses baru tersebut hanya mengemban beberapa peningkatan. Misalnya Snapdragon 820 dan 821 keduanya dibuat dengan proses LPP 14 nm yang sama. Tetapi yang baru bekerja pada kecepatan clock yang lebih tinggi. Nah mari nantikan saja gebrakan-gebrakan dari chipset produksi Samsung dengan proses yang baru ini.

(Visited 94 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.