Ilmuwan Ciptakan Wearable Ringan yang Bisa Larut Dalam Cuka

Netters, pernah kah membayangkan perangkat elektronik wearable yang dirancang untuk bisa larut jika dibubuhi cuka di atasnya? Nah, para ilmuwan dari Universitas Stanford membuat wearable yang bisa terurai, sehingga tak teronggok begitu saja di tempat pembuangan sampah. Tentu ini solusi yang melegakan, apalagi diperkirakan akan ada 50 juta ton limbah elektronik pada tahun 2018.

Teknologi Wearable Masa Depan

Hasil dari penemuan para ilmuwan ini adalah perangkat elektronik paling tipis dan ringan yang pernah dibuat. Tantangan besarnya adalah semikonduktor yang bisa terurai disitesis oleh para ilmuwan dari molekul yang ditemukan pada tinta tatto. Mereka juga membuat film sangat tipis baru yang dibuat dari serat tanaman. Kemudian menggunakan film tersebut sebagai dasar untuk memasang komponen elektronik dari perangkat tersebut. Komponen mencakup elektroda yang dibuat dari aluminium dan besi yang bisa larut sama sekali dengan sisa perangkat setelah 30 hari dalam cairan yang bahkan kurang asam dari cuka. Manual cara menggunakan wearable baru ini dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of the National Academy od Sciences”.

Pada akhirnya, tujuan penggunaan teknologi ini adalah untuk menyimpan informasi digital sensitif yang ingin dapat dengan mudah disingkirkan. Atau untuk perangkat medis yang dapat diimplan, sensor biologi dan bahkan kulit palsu. Sehingga untuk meyakinkan bahwa perangkat ini tidak beracun pada jaringan hidup, para peneliti pun menguji perangkat ini pada tikus. Para peneliti memasukkan perangkat ini pada sel otot jantung tikus melalui makanan selama dua dan enam hari. Untungnya sel tersebut tidak mati, tetapi perangkat ini masih membutuhkan pengujian lebih lanjut pada hewan percobaan hidup dan manusia sebelum digunakan di klinik.

Perangkat elektronik sementara dapat menjadi hal yang baik untuk planit ini, tetapi perlu diingat juga, jika ini merupakan generasi FitBit mendatang dan pelacak latihan akan dibuat dari teknologi ini, maka Netters sebaiknya hati-hati dengan perangkat tersebut saat mengenakannya di sekitar kuah pempek.

(Visited 78 times, 1 visits today)