Apple Siapkan Prosesor yang Terdedikasi Khusus untuk Kecerdasan Buatan

Netters, berdasarkan suatu sumber, Apple sedang merancang chip yang fokus pada kecerdasan buatan (AI). Chip tersebut akan konsentrasi pada fungsi yang biasanya akan setara dengan kecerdasan manusia. Hal ini mencakup pengenalan bicara dan wajah. Apple merasakan tekanan untuk mendapatkan manfaat pada bidang tersebut ketika mengejutkan semua orang dengan penyertaan asisten pribadi Siri. Penyertaan Siri tersebut dilakukan pada 4 Oktober 2011 dengan diluncurkannya iPhone 4S. Sejak itu, banyak perusahaan seperti Google, Amazon dan Microsoft mengejar ketertinggalan terhadap teknologi Apple tersebut. Dan banyak yang malah berhasil menyusul di depannya.

Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan

Saat ini perusahaan asal Cupertino tersebut menggunakan CPU dan prosesor  grafis pada perangkatnya untuk menangani proses yang menggunakan AI. Mereka dapat meningkatkan kecepatan dan menghemat daya baterai dengan memiliki chip yang menangani segala tugas AI. Produsen chip Qualcomm telah memiliki modul AI yang menyatu dengan chipset Snapdragon 835. Chipset tersebut saat ini beroperasi pada perangkat Android high-end seperti Gamsung Galaxy S8, Galaxy S8+ dan HTC U11.

Berdasarkan sumber tersebut, Apple berencana menawarkan developer pihak ketiga untuk mengakses chip yang akan memungkinkan mereka untuk menyertakan fitur AI pada aplikasi mereka. Analis Apple sebelumnya, Gene Munster menunjukkan alasan mengapa Apple mengerjakan chip tersebut. “Dua wilayah yang mempertaruhkan masa depan Apple dengan membutuhkan AI. Inti dari Augmented Reality dan mobil tanpa sopir adalah AI atau kecerdasan buatan.”, ucap Munster.

Informasi lebih lanjut mengenai AI ini dapat diperoleh dari Apple pada ajang WWDC yang akan dimulai bulan depan. Apple juga akan memperkenalkan iOS 11 pada konferensi tahunan. Acara ini akan diselenggarakan pada 5 Juni sampai 9 Juni 2017.

(Visited 57 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.