Samsung Umumkan Jadwal Produksi Chip dengan Proses 4 nm

Netters, saat ini jajaran chipset teratas dibuat menggunakan proses 10 nm. Samsung berada di antara yang terdepan dalam mencapai target ini. Semakin kecil ukuran proses, maka chipset akan semakin canggih dan hemat energi. Chip dapat menampung lebih banyak transistor di dalamnya. Hal ini berkaitan dengan Hukum Moore yang dirancang oleh pendiri Intel, Gordon Moore pada tahun 1965. Dia mengatakan bahwa jumlah transistor per inci persegi pada rangkaian terintegrasi berlipat ganda setiap dua tahun.

Jadwal Produksi Chip Samsung

Samsung telah membuat jadwal yang menunjukkan rencana mereka beralih dari proses 10 nm mereka ke 4 nm. Berdasarkan presentasi yang dilakukan pada Samsung Foundry Forum, langkah Samsung berikutnya adalah memproduksi chip 8 nm menggunakan proses Low Power Plus. Proses Lower Power Plus 7 nm akan menggunakan litografi Extreme Ultra Violet pertama kali. Prosedur ini digunakan untuk mengetsa desain rangkaian pada wafer silikon. Ketika Samsung tiba pada proses Low Power Plus 6 nm, maka akan menggunakan Smart Scaling yang memungkinkan mendapatkan manfaat Ultra Low Power.

Kemudian Samsung akan berlanjut ke proses Low Power Plus 5 nm dan kemudian ke sasarannya. Proses Low Power Plus 4 nm akan menjadi yang pertama kali menggunakan arsitektur perangkat generasi berikutnya yang bernama FET Multi Bridge Channel. Ini adalah teknologi FET Gate All Around Samsung yang dirancang untuk mengerjakan penskalaan fisik dan pembatasan kinerja dari arsitektur FinFET.

Melangkah dari proses 10 nm ke 4 nm tentu akan memakan waktu. Tentu akan ada rintangan dan masalah sepanjang jalan. Tetapi Samsung akan terus memeriksa pada setiap pemberhentian di sepanjang jalan menuju chip dengan proses 4 nm. Konsumen akan memperoleh kinerja lebih cepat dari perangkat seluler mereka dengan daya yang lebih hemat.

(Visited 96 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.