Google Rekrut Mantan Desainer Chip Apple Demi Hadirkan Prosesor Custom

Netters, Google pelan-pelan memperluas divisi perangkat keras mereka. Hal ini terutama tampak pada jajaran baru smartphone Pixel. Kini  tampaknya Google tertarik untuk merancang prosesor custom sendiri dengan pegawai baru yang merupakan alumni Apple. Sebelumnya pegawai baru tersebut bekerja sebagai perancang prosesor Apple selama delapan tahun.

Manu Gulati mengumumkan pada LinkedIn bahwa telah direkrut oleh Google sebagai kepala arsitek SoC bagi perusahaan tersebut. Gulati memiliki sejarah kerja panjang pada prosesor. Sebelumnya dia telah bekerja di AMD dan Broadcom sebelum menghabiskan delapan tahun dengan Apple. Berdasarkan laporan tersebut, Google sedang mencari lebih banyak desainer chip untuk tim tersebut juga.

Rencana Google Membuat Prosesor Custom

Selama bersama Apple, Gulati dikabarkan membantu merancang berbagai chip yang digunakan pada iPhone, iPad dan Apple TV. Tidak jelas pastinya apa rencana Google, tetapi tak sulit untuk menduga bahwa Gulati akan mengerjakan prosesor custom untuk smartphone Pixel. Tetapi juga ada potensi untuk mengerjakan Chromebook, Android TV dan kemungkinan bahwa smartwatch Android Wear.

Pada akhirnya pegawai tersebut menyiratkan bahwa Google ingin memiliki kendali dari atas ke bawah terhadap pengalaman menggunakan Android, atau setidaknya pengalaman Google serupa dengan yang bisa dilakukan Apple dengan iOS dan iPhone atau iPad. Tentu saja merupakan hal yang cukup telat untuk mempengaruhi versi smartphone Google Pixel versi 2017 yang akan datang. Tetapi kemungkinan dampat ini akan terlihat pada tahun 2018.

(Visited 62 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.