CEO Qualcomm Yakin Layanan 5G Meluncur Tahun 2019

Steve Mollenkopf, CEO Qualcomm mengatakan bahwa kecepatan internet mobile akan mencapai rekor baru pada tahun 2019.  Hal ini berkat terwujudnya layanan 5G pada tahun tersebut. Eksekutif tersebut mengatakan bahwa sebagian besar orang di industri tersebut memilih 2020 sebagai tahun peluncuran layanan nirkabel mobile generasi mendatang. Namun Mollenkopf yakin akan melihat koneksi 5G pada tahun 2019.

Prediksi Layanan 5G

Beberapa permintaan koneksi 5G dipicu oleh pengguna perangkat mobile yang mencari pengalaman video yang lebih ditingkatkan. Layanan 5G diharapkan dapat mengantarkan kecepatan data sebesar 100 kali dari kecepatan saat ini.

Dengan jaringan 5G file, video yang biasanya membutuhkan beberapa menit untuk dimuat hanya akan memakan waktu beberapa detik. Tetapi ada lebih banyak manfaat dari jaringan generasi mendatang, ketimbang hanya sekedar video yang lebih ditingkatkan.  Industri seperti layanan kesehatan dan produk seperti mobil yang terhubung akan menerima kemajuan teknologi berkat konektivitas 5G.

Kini Mollenkopf memang mengatakan bahwa 5G akan tampil perdana pada tahun 2019. Namun tahun lalu dia mengatakan bahwa 5G tak akan siap secara prima sampai tahun 2020. Pada bulan Mei, T-Mobil menjadi operator pertama yang mengumumkan rencana untuk menerapkan jaringan 5G secara nasional. Karena standar 5G masih dalam penulisan, maka CEO T-Mobile, John Legere mengatakan harapannya mengantarkan layanan nirkabel generasi mendatang dalam dua atau tiga tahun.

Sementara perkiraan Mollenkopf terlihat agresif, negara kecil di Eropa menandatangani kesepakatan dengan Telecom Italia untuk mendapatkan layanan 5G di negara tersebut dan akan segera beroperasi tahun depan.

(Visited 63 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.