Canggih! Huawei Tanam Kemampuan Kecerdasan Buatan Pada Chipset Kirin 970

Netters, Huawei telah mengumumkan chipset smartphone generasi mendatang besutannya, yaitu Kirin 970. Perusahaan tersebut berinvestasi cukup besar pada kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang ditanamkan pada neural processing unit (NPU).

Spesifikasi Kirin 970

Chipset baru ini menggunakan prosesor delapan inti yang terdiri dari 4x Cortex-A73 2,4 GHz dan 4x Cortex-A53 1,8 GHz. Prosesor grafis yang digunakan adalah Mali-G72MP12 dengan 12 inti. Di setiap satu senti meter persegi pada chipset terdapat sejumlah 5,5 miliar persegi.

Huawei mengatakan bahwa arsitektur komputasi heterogen yang baru membantu mengalahkan chipset lain yang sudah disertai AI di pasaran. Hal ini berkat kinerja 25 kali lebih besar dengan 50 kali efisiensi yang lebih besar dibandingkan prosesor empat inti Cortex-A73.

Kecakapan dari AI sendiri membutuhkan penerapan sesungguhnya, maka dari itu Huawei membuka Kirin 970 ke para developer untuk menemukan penggunaan praktis. ISP ganda baru menjanjikan pengurangan noise pada pencahayaan yang rendah dan meningkatkan foto melalui penyusunan paramater gambar secara otomatis. Hal tersebut dilakukan pada obyek dan pemandangan tertentu.

Huawei juga mempunyai fitur yang dijuluki 4-Hybrid, fitur tersebut adalah sistem autofokus baru yang mencakup deteksi fasa dan kontras. Chipset ini sudah mendukung koneksi 4,5G Cat. 18 LTE untuk kecepatan pengunduhan hingga 1,2 Gbps). Sementara Snapdragon 835 dan Exynos 8895 hanya mendukung Gigabit LTE.

Chipset besutan Huawei ini akan tampil perdana pada Huawei Mate 10 yang akan diumumkan pada 16 Oktober.

(Visited 44 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.