Intel Hadirkan Myriad X, Vision Processing Unit dengan Kecerdasan Buatan

Netters, Myriad X adalah Vision Processing Unit (VPU) yang menggunakan teknologi Neural Compute Engine. VPU ini menghadirkan kecerdasan buatan dengan daya kecil tetapi kinerja yang tinggi. Beberapa  tahun mendatang, akan banyak produk baru dengan kemampuan kecerdasan secara real-time pada suatu perangkat yang dibuat lebih otonom. Perangkat tersebut mencakup drone, kamera pintar sampai augmented reality. Kecerdasan buatan pada perangkat tersebut memberikan kemampuan untuk melihat, memahami, berinteraksi dan beradaptasi cepat pada suatu kondisi.

Kecanggihan Myriad X

VPU besutan Intel ini menggabungkan teknologi pencitraan terdedikasi, computer vision processing dan Neural Compute Engine. Sehingga pada chip yang sama akan dihasilkan kinerja yang maksimal. Potensi untuk menciptakan dunia yang lebih aman, personal dan produktif pun meningkat berkat kecepatan yang lebih tinggi pada perangkat tersebut. Keberadaan teknologi drone dan kamera pintar maka Myriad X dapat meluncurkan inovasi pada masa depan perangkat pintar dengan sistem otomatis.

Agar hal tersebut terwujud, maka Intel menghapus batasan waktu dan daya komunikasi dengan Cloud. Dengan demikian proses deep learning pada tingkat perangkat pun dapat dijalankan. Pada titik inilah masuk kekuatan VPU, yaitu platform Movidius yang digarap demi memenuhi tantangan perangkat otonom. Kecerdasan visual oleh VPU kecil ini ditempatkan langsung di atas perangkat yang memberi kinerja komputasi pada ambang batas ultralow power.

Movidius telah banyak berperan di berbagai bidang keahlian Intel sejak bergabung dengan Intel hampir satu tahun lalu. Bidang tersebut mencakup AI Product Group, Intel Labs, IoTG dan RealSense. Tentu hal ini bisa menguatkan teknologi dan mendukung kinerja deep learning masa depan ke saat ini melalui Myriad X. Sehingga menjadi bentuk yang lebih cepat dan lebih baik dari yang dibayangkan.

Kendati baru memulai semuanya, Intel akan terus memanfaatkan kemampuan untuk mengantarkan solusi end-to-end bagi AI. Sehingga membuka jalan kepada teknologi VPU yang akan meningkatkan kinerja edge compute tanpa mengorbankan penggunaan daya. Hal ini akan menjadi tonggak lahirnya perangkat baru pada dekade dekade mendatang untuk menantikan inovasi dari Myriad X.

(Visited 48 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.