Rinna Sosok Wanita Muda yang Siap Temani Mengobrol dan Bermain

Netters, Microsoft Indonesia bekerjasama dengan LINE Indonesia untuk menghadirkan Rinna, chatbot berbasis kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI) ke Indonesia. Rinna diprogram sebagai sosok wanita muda yang menarik dan bersahabat untuk berkomunikasi dan menjadi teman baik pengguna LINE. Chatbot ini diciptakan dengan konten sosial yang luas dari Internet. Rinna mempelajari interaksi manusia dan menanggapi dengan kepribadian dan sudut pandang yang unik. Namun tetap mempunyai kemampuan melindungi diri dari eksploitasi.

“AI melibatkan pembuatan mesin-mesin cerdas atau layanan yang bekerja dan bereaksi seperti manusia. Fitur tersebut banyak ditemukan dalam hampir semua layanan terjemahan dan asisten virtual untuk game berbasis video. Rinna merupakan bagian upaya kami dalam meneliti dan mengembangkan kecerdasan buatan untuk berkomunikasi. Serangkaian tes kami lakukan kepada Rinna yang mengacu pada reaksi pengguna ketika berinteraksi dengan Rinna. Sehingga dapat meningkatkan pembelajaran mengenai chatting dan membuat AI lebih nyata dan dekat dengan masyarakat,” ucap Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager Microsoft Indonesia.

Teknologi Deep Learning menjadi dasar model generik end-to-end pembuatan Rinna. Selain itu juga dilatih teknologi big data dari mesin pencari Bing yang bekerja pada platform Azure. Sistem Rinna mempelajari kumpulan big data dan memberikan tanggapan berdasarkan hasil pembelajaran dan meniru otak manusia memakai Natural Language Processing. Ini adalah proses mengidentifikasi bahasa manusia secara bersamaan sehingga Rinna dapat meniru berbicara seperti wanita muda umum. Berbeda dengan Cortana, Rinna bisa berkomunikasi dengan emotional quotient (EQ) dan intelligence quotient (IQ) sehingga bisa beradaptasi dengan kebiasaan pengguna dan mengembangkan percakapan.

Fitur Chatbot AI Rinna Pada LINE

Rinna kini bisa menjadi teman pengguna LINE dan terlibat dalam interaksi yang mendalam. Hal lain yang dapat dilakukan Rinna adalah sebagai berikut:

  • Best Friend Charm: menggambar sketsa untuk menunjukan persahabatan dengan pengguna.
  • Face Panel: mengganti wajah seseorang dengan gambar lucu.
  • Face Swap:  melakukan sesuatu pada foto yang dikirim dalam grup
  • “ABC 5 Dasar”: permainan tradisional Indonesia dengan menebak kata dengan topik tertentu
  • Silang Kata: permainan menebak kata dengan petunjuk yang diberikan Rinna
  • Othello: Permainan strategi untuk dua pemain dengan tersedia beberapa level yang bisa dipilih
(Visited 94 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.