Samsung Garap Kamera 1.000 fps Sendiri Demi Saingi Kamera Sony

Netters, Sony adalah perusahaan pertama yang membuat kamera smartphone dengan memori pada chip, yaitu kamera Motion Eye. Kamera Sony tersebut digunakan pada Xperia XZ Premium dan seri XZ (termasuk XZ1). Nah, kini ada bocoran dari Korea mengatakan bahwa Samsung Semiconductors sedang mencari cara untuk membuat kamera serupa pada bulan November. Kamera tersebut akan siap digunakan pada smartphone Galaxy S generasi mendatang.

Kelebihan Kamera Sony

Keuntungan dari memori pada chip adalah kamera dapat menyimpan banyak frame dengan sangat cepat. Bahkan bisa menjepret 1.000 fps untuk video gerak lambat. Jika harus mengirim frame-frame tersebut ke RAM utama maka akan sangat lambat, sehingga Sony membuat chip tiga lapis. Tiga lapisan tersebut adalah piksel, logika kendali dan memori.

Desain Samsung kabarnya agak sedikit berbeda. Rancangan tersebut masih menggunakan chip dua lapis di mana chip DRAM diikatkan. Tampaknya hal ini dilakukan demi menghindari pelanggaran paten tertentu.

Keuntungan Samsung

Walau rancangan Samsung tak serumit Sony, perusahaan tersebut memiliki keuntungan. Samsung memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi sensor gambar dan chip memori. Sementara Sony harus mengandalkan Micron untuk pembuatan chip memori 1 gigabit.

Saat ini Samsung masih menggunakan sensor Samsung dan Sony pada smartphone besutannya. Contohnya adalah smartphone Galaxy S8 yang beredar di Korea menggunnakan kamera besutan Sony. Sementara model Galaxy S8 yang beredar di Amerika Serikat menggunakan kamera buatan Sony. Nah, kemungkinan Galaxy S9 yang akan datang semuanya akan menggunakan kamera buatan Samsung jika rencana ini terwujud.

(Visited 93 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.