Akurat dan Cepat Ambil Data Luas Tanah dengan GNSS Receiver Besutan CHC Navigation

Netters, pemerintah saat ini sedang menggalakkan program sertifikat tanah. Nah, demi mendukung program tersebut, dibutuhkan peralatan yang memadai untuk pemetaan lahan dan pengukurannya. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Global Navigation Satellite System (GNSS).

GNSS receiver menerima sinyal radio frekuensi tinggi berisi data waktu dan posisi yang ditransmisikan satelit. Sehingga memungkinkan pengguna mengetahui titik koordinat lokasi yang sedang dipetakan atau disurvey.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut Datascrip menghadirkan tiga produk GNSS Receiver besutan CHC Navigation. Ketiga produk tersebut adalah CHC i80, CHC X91+ dan CHC M5. Peralatan ini dapat menghasilkan data informasi koordinat permukaan bumi secara akurat  dan cepat. Dengan demikian dapat meperoleh data luas tanah secara akurat.

“GNSS CHC i80, CHC X91+ dan CHC M5 telah dibekali kemampuan pengukuran Real Time Kinematik (RTK). Sehingga data pengukuran dapat langsung dihasilkan secara akurat di lapangan. Peralatan tersebut juga telah disertai sertifikasi Postel yang menjamin keaslian dan keamanan komponen frekuensi yang dipakai. Sehingga dapat menjadi solusi pekerjaan pengukuran dan pemetaan lahan yang cepat dan akurat,” ucap Gatot P. Laksono, Divison Manager CAD & Survey System PT. Datascrip.

Surveyor memakai minimal dua perangkat GNSS receiver saat mengukur titik koordinat. Satu alat berfungsi sebagai pusat koreksi sinyal. Dan alat kedua untuk dipindahkan sesuai area koordinat yang dipetakan untuk mengirim data ke pusat.

GNSS Receiver CHC i80

Alat ini merupakan produk unggulan karena sudah dilengkapi Wi-Fi dan Bluetooth yang memungkinkan pengaturan alat jarak jauh. GNSS receiver ini juga memiliki modem jaringan 3,75G sehingga bisa melakukan pengukuran dengan mengandalkan koneksi jaringan internet. Alat ini dapat berfungsi sebagai pusat melalui koneksi 3,75G saat tak dapat memakai sinyal radio UHF berkat adanya fitur APIS. Biasanya kendala sinyal radio UHF terjadi karena adanya gedung-gedung tinggi.

Perangkat ini juga dibekali media penyimpanan 32 GB dan sertifikasi IP67 yang berarti tahan debu, air dan benturan. Antarmuka alat ini ditampilkan pada layar LCD yang nyaman dan memudahkan pengaturan. Selain itu tersedia juga baterai ganda yang menghilangkan kekhawatiran kehabisan daya. Harga yang dibandrol pada GNSS CHC i80 ini adalah Rp 350 juta.

GNSS Receiver CHC X91+

Ini merupakan GNSS receiver produk level menengah yang bisa mengukur RTK melalui modem GSM atau radio UHF. GNSS Reveicer ini memiliki desain yang kokoh dan ringkas, sehingga handal dipakai setiap saat di segala medan. Perangkat ini dibandrol dengan harga Rp 250 juta.

GNSS Receiver CHC M5

CHC M5

Produk ini cocok bagi surveyor dengan anggaran terbatas. Perangkat ini bisa melakukan RTK CHC memanfaatkan sinyal radio UHF dan koneksi bluetooth. GNSS receiver ini bisa dipakai dengan aplikasi pemetaan dan surveying LandStar 7 yang berbasis Android. Harga yang dibandrol pada perangkat ini adalah Rp 200 juta.

(Visited 150 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.