Exynos 9810 Siap Jadi Otak Samsung Galaxy S9

Netters, Samsung memperkenalkan prosesor Exynos 9-series yang ‘sebenarnya’, yaitu 9810. Dikatakan ‘sebenarnya’ karena chipset 8895 pada Note8 telah dipasarkan sebagai 9-series oleh Samsung, padahal masih menggunakan awalan angka 8. Kabarnya chipset 9810 ini akan digunakan pada Galaxy S9 dan S9+, kendati jika melihat spesifikasinya masih meragukan.

Pertama-tama, chipset ini masih diproduksi menggunakan proses 10 nm. Proses ini memang merupakan generasi kedua yang lebih canggih dan menawarkan kinerja lebih tinggi dengan konsumsi daya rendah. Tetapi sempat dirumorkan bahwa chipset yang akan digunakan pada Galaxy S9 adalah Snapdragon 845 yang diproduksi dengan proses 7nm dan model Exynos yang diproduksi dengan proses 8nm. Dan hal tersebut bukan yang ditawarkan oleh 9810 saat ini. Tetapi tampaknya nilai chipset ini ditingkatkan dengan cara yang lain.

Spesifikasi Exynos 9810

Samsung mengatakan bahwa ada dukungan inti prosesor custom generasi ketiga, prosesor grafis yang ditingkatkan dan modem LTE gigabit dengan dukungan 6CA. Jadi tak diragukan lagi chipset ini akan mendukung sistem grafis yang lebih canggih. Modem 6CA sendiri telah diumumkan Samsung beberapa waktu lalu. Saat itu Samsung menjanjikan untuk menyisipkannya pada chipset mobile generasi mendatang. Tampaknya raksasa teknologi tersebut melakukannya sekarang dengan chipset 9810.

Exynos 8895 pada Note8 memiliki modem 5CA dan kecepatan pengunduhan puncak 1 Gbps. Sedangkan modem 6CA pada 9810 menjanjikan kecepatan 1,2 Gbps dan pengunduhan yang lebih stabil, sambil menyiapkan Samsung untuk era 5G yang akan datang.

Samsung juga memberi bocoran bahwa prosesor mobile yang mengadopsi modem LTE dengan dukungan 6CA Cat. 18 tersebut akan diproduksi secara massal pada akhir tahun ini. Nah, tampaknya Exynos 9810 sesuai dengan jadwal tersebut. Kini perlu ditilik kembali apakah akan ada 9810 lain yang dibuat dengan proses produksi 8nm. Tetapi mestinya jika Galaxy S9 tiba lebih awal dari biasanya maka akan diproduksi secara massal bulan depan. Jadi tak akan mengejutkan jika perangkat tersebut akan dipasarkan dengan Snapdragon 845 di Amerika Serikat dan sisanya Exynos 9810 generasi kedua 10 nm di negara lain.

Sepertinya sebagian pengguna pun tak dapat mengenali perbedaannya. Mari nantikan saja nilai dai chipset tersebut jika sudah masuk layanan benchmarking.

(Visited 59 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.