Samsung Mulai Produksi Massal Chipset 10 nm Generasi Kedua

Netters, Samsung Electronics mengumumkan bahwa bisnis pencetakan chipset mereka memasuki produksi  dengan teknologi proses FinFET 10 nm generasi kedua. Chipset tersebut disebut juga 10LPP (Low Power Plus) yang sangat hemat daya.

Teknologi proses 10LPP memungkinkan kinerja meningkat sampai 10% atau konsumsi daya lebih rendah 15% dibandingkan proses 10 nm generasi pertama. Proses generasi pertama disebut juga sebagai 10 LPE (Low Power Early). Proses generasi kedua berasal dari teknologi 10LPE yang sudah terbukti.  Keunggulan proses tersebut diperoleh dengan menurunkan waktu peralihan dari pengembangan ke produksi massal dengan sehingga diperoleh hasil yang lebih tinggi.

Chipset yang dirancang dengan teknologi proses 10LPP akan digunakan pada perangkat digital dengan jadwal peluncuran awal tahun depan. Kemudian penggunaan pada perangkat tersebut akan semakin meluas sepanjang tahun.

“Kami dapat melayani pelanggan lebih baik dengan melakukan migrasi dari 10LPE ke 10LPP dengan peningkatan kinerja dan hasil awal yang lebih tinggi. Samsung dengan strategi proses 10 nm yang panjang akan terus mengusahakan evolusi teknologi 10 nm ke 8LPP. Sehingga memberikan keuntungan bersaing untuk penerapan yang luas,” ucap Ryan Lee, VP Foundry Marketing Samsung Electronics.

Pabrik Terkini Samsung

Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut juga mengumumkan jalur produksi terkini S3 yang bertempat di Hwaseong, Korea siap melakukan produksi. Produksi tersebut termasuk proses 10 nm dan di bawahnya. S3 adalah pabrik ketika dari bisnis pencetakan chipset Samsung menyusul S1 di Giheung, Korea dan S2 di Austin, Amerika Serikat. Teknologi proses FinFET 7 nm Samsung dengan EUV (Extreme Ultra Violet) juga akan diproduksi massal di S3.

(Visited 208 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.