Google Hadirkan Sistem Operasi Ringan untuk Smartphone Murah di India

Netters, induk perusahaan Google, Alphabet meluncurkan versi yang lebih rendah dari sistem operasi Android mereka di India. Hal ini dilakukan dalam rangka merayu jutaan pengguna ponsel basic pada pasar layanan nirkabel yang tumbuh cepat di India.

Google mengumumkan Google Assistant versinya sendiri untuk JioPhone, perangkat dengan jaringan 4G yang dibandrol murah dan dipasarkan oleh Jio. Selain itu Google pun mengungkapkan Google Maps yang dirancang untuk pengguna sepeda roda dua.

Sistem Operasi Baru Google

Bintang dari pengumuman Google adalah perangkat lunak smartphone baru, yaitu sistem operasi Android Oreo Go. Sistem operasi tersebut dapat bekerja pada smartphone entry-level dengan memori serendah 512 MB. Google menambahkan bahwa harapannya perangkat yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi tersebut sudah mulai masuk toko dalam beberapa bulan mendatang.

Dengan jumlah pelanggan telekomunikasi seluler 1,2 juta, pasar layanan nirkabel India menempati peringkat kedua setelah Cina. Tetapi hanya sepertiga dari pelanggan tersebut yang saat ini menggunakan smartphone. Sehingga memberikan kesempatan yang begitu besar untuk Google, perusahaan telekomunikasi dan handset untuk masuk lebih lanjut ke pasar tersebut.

Walau harga smartphone telah menurun tajam dalam beberapa tahun terakhir dengan hadirnya produsen ponsel Cina dan lokal yang membanjiri pasar dengan ponsel murah, namun masih ada bagian pelanggan yang tak terjangkau.Mereka adalah orang yang peduli dengan pengalaman pengguna yang mulus pada ponsel dengan harga murah.

“Sistem operasi baru yang lebih ringan jika dapat bekerja dengan baik akan menarik pelanggan yang membeli smartphone pertamanya. Perangkat tersebut dibandrol di rentang $30 sampai $75 atau setara Rp 407 ribu sampai Rp 1,02 juta. Google juga berkesempatan untuk menjual layanan lain seperti aplikasi pembayaran local Tez yang diluncurkan September,” ucap Shobit Srivastava, seorang analis teknologi Counterpoint.

Ponsel yang menjalankan sistem operasi smartphone baru besutan Google juga akan memiliki akses ke versi khusus Google Play. Perusahaan tersebut juga menekankan bahwa aplikasi tersebut dirancang untuk bekerja dengan baik pada smartphone dengan memori rendah.

Google telah meningkatkan fokusnya pada pasar India pada tahun-tahun belakangan ini. Program inisiatif yang diluncurkan mencakup layanan WiFi gratis di stasiun kereta. Perusahaan tersebut sedang bersaing dengan Facebook dan layanan messenger WhatsApp demi menarik ratusan juga pengguna internet baru.

Operator Telekomunikasi Reliance Jio

Walau sekitar 400 juta orang di India telah terhubung dengan internet, konsumsi data meningkat pesat seiring masuknya operator Reliance Jio. Operator baru tersebut didukung oleh orang terkaya di Negara tersebut, yaitu Mukesh Ambani.

Jio memasuki pasar dengan penawaran gratis dan potongan harga yang memaksa pesaingnya untuk memangkas tarif mereka. Saat ini Jio menawarkan paket yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh 1 GB data per hari dengan harga kurang dari $3 atau setara Rp 41 ribu per bulan.

(Visited 40 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.