ZTE Bikin Teknologi NFV Terdepan untuk Operator di Indonesia, Seperti Apa?

Hello Netters, tentu kalian tahu saat ini teknologi ICT dan platform Internet telah banyak digunakan untuk konvergensi yang lebih dalam dari yang membentuk peluang pengembangan yang baru. Hal ini menghasilkan perubahan dalam operator telekomunikasi, pelanggan dan pasar. Salah satunya adalah penggunaan teknologi NFV dan IoT milik ZTE untuk membantu operator–operator telekomunikasi dalam menjawab peluang di era baru.

Dalam proses peningkatan konsumsi mobile broadband, kemampuan untuk dapat menyediakan akses lengkap, jaringan elastis, dan layanan digital akan menjadi hal yang vital bagi para operator telekomunikasi. Menurut Mo Li, Chief Architect dari ZTE CTO Group, kunci dari pengembangan jaringan telekomunikasi adalah mampu mengkonstruksikan lapisan jaringan secara horizontal, yang dapat mendukung kontrol yang terintegrasi dan manajemen yang selaras dengan memperkenalkan arsitektur Network Function Virtualization (NFV). “Virtualisasi jaringan akan membuat jaringan yang dimiliki operator menjadi lebih cekatan, lebih terpercaya dan efisien,” ujarnya.

Teknologi NFV merupakan bentuk migrasi peralatan telekomunikasi dari platform berdedikasi yang sudah ada menjadi server Commercial Off-The-Shelf(COTS). Jaringan telekomunikasi pada umumnya menggunakan perangkat keras dalam jumlah banyak, seperti router data jaringan, perangkat core network, dan server berperforma tinggi.

zte-serverSaat beberapa peralatan ini tidak berinteraksi dengan baik, hal ini akan menyebabkan penurunan signifikan dalam efisiensi performa, juga biaya konstruksi yang tinggi bagi para operator telekomunikasi. Hasilnya, beberapa perangkat keras ini tidak dapat digunakan dalam beberapa pelayanan yang berbeda. Dengan demikian para operator membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembangkan layanan yang baru. Lebih lagi, biaya operasional dan pemeliharaan akan meningkat dan menghamburkan energi dalam jumlah besar.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, jaringan dan platform layanan berbasis teknologi NFV dikembangkan. Platform cloud yang menggunakan teknologi NFV, perangkat keras umum dan teknologi virtualisasi untuk mendukung berbagai macam aplikasi. Platform cloud berbasis NFV dapat menyediakan jaringan dan fungsi layanan tanpa bergantung pada perangkat keras yang dedicated.

Ini memungkinkannya membantu dalam pembagian sumber daya yang lebih fleksibel dan dalam pengembangan dan penerapan layanan baru yang cepat. Teknologi ini juga membantu melakukan penerapan secara otomatis, pengukuran skala yang elastis ditambah isolasi kesalahan dan pemulihan yang berbasisreal-time requirements.
Saat arsitektur NFV digunakan, jaringan telekomunikasi akan secara nyata meningkat dalam pengelolaan otomatis dan cekatan.

Jangka waktu penerapan untuk suatu peralatan telekomunikasi yang sebelumnya memakan waktu pengerjaan berbulan–bulan akan memakan waktu hanya dalam hitungan jam saja. Waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas yang sebelumnya memakan waktu berminggu–minggu akan selesai hanya dalam hitungan menit. “Manfaatnya bagi pelanggan, mereka dapat lebih cepat menikmati layanan baru dari operator telekomunikasi dan mereka akan merasakan pengalaman kualitas jaringan yang lebih stabil,” kata Tom Mao, VP Head of Presales ZTE USA.

ZTE telah meneliti teknologi NFV sejak tahun 2012, dan sekarang mengklaim telah menjadi pemimpin industri dalam ruang lingkup NFV. Selama bertahun–tahun, vendor asal Tiongkok ini telah menciptakan langkah besar ke depan dalam mengembangkan solusi NFV dengan performa tinggi dan terpercaya, yang sesuai dengan kebutuhan bisnis telekomunikasi. Dengan performa carrier-class, solusi NFV milik ZTE mendukung teknologi terbuka dan pemrograman aliran. Pada tahun 2015, ZTE ditunjuk sebagai kontraktur tunggal dalam menyediakan solusi E2E berbasis NFV untuk platform RCS milik China Mobile. Platform tersebut nantinya akan menjadi platform RCS berbasis NFV terbesar di dunia yang mendukung penerapan jaringan dan peningkatan kapasitas yang lebih elastis, aman, dan stabil.

 

(Visited 100 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.