Smartphone Anda Sering Hang? Hapus 7 Aplikasi Android Ini

Di smartphone Android kamu, pasti terdapat banyak aplikasi yang saat ini terinstal. Akan tetapi jika terlalu banyak aplikasi Android akan membuat hp semakin lambat. Nah, kali ini lebih baik Anda menghapus 7 jenis aplikasi Android yang sering Anda gunakan.

7 Aplikasi Android ini akan menguras baterai, memenuhi kapasitas memori, menyedot kuota data, serta memperberat kinerja HP Android. Mau tahu aplikasi apa saja yang wajib dihapus? Berikut ulasannya:

1. Facebook

 Aplikasi Facebook ini ternyata cukup berat. Ukuran file aplikasi ini lumayan besar, yaitu lebih dari 40 MB. Selain itu, banyaknya fitur, terutama notifikasi yang selalu muncul, serta konten berupa foto serta video juga menghasilkan banyak sekali cache yang memenuhi memori internal Anda. Anda juga akan boros menggunakan kuota data.

chrome-untuk-android

2. Facebook Messenger

 Facebook Messenger ini cukup menguras baterai, memori, RAM, dan kuota data internet. Oleh sebab itu, aplikasi Facebook Messenger ini selalu online. Untuk alternatif, sebaiknya Anda buka pesan-pesan yang masuk lewat browser saja. Atau menggunakan aplikasi Facebook Lite juga bisa.

3. Aplikasi Widget Cuaca

Aplikasi widget cuaca, baik yang merupakan bawaan HP Android Anda, maupun yang Anda install sendiri sebaiknya dihapus saja. Sebab, aplikasi jenis ini sangat memberatkan HP Android kamu. Update cuaca yang sangat berlangsung setiap saat membuat aplikasi ini berjalan terus-menerus tanpa Anda sadari. Jadi, lebih baik aplikasi semacam ini kamu uninstall atau disable saja.

4. Antivirus

Sistem operasi pada HP Android sangat aman dan tidak gampang terkena virus. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu menginstal aplikasi antivirus di HP Android kamu. Antivirus gratis yang banyak tersebar di Google Play Store biasanya memiliki ukuran yang lumayan besar dan cukup berat dijalankan. Karena antivirus akan nge-scan seluruh data yang terdapat di memori internal dan eksternal HP Android Anda.

5. Path

Aplikasi ini menghasilkan banyak sekali cache yang jumlahnya bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan MB. Untuk Anda yang kemampuan dan spesifikasi HP Android-nya terbatas, jangan heran kalau aplikasi Path ini sering bikin hang.

6. Browser Bawaan

Setiap HP Android biasanya memiliki browser bawaan yang sudah terpasang. Browser ini biasanya dikembangkan oleh produsen HP, atau ada pula yang menyertakan Google Chrome sebagai browser bawaannya. Namun, aplikasi browser bawaan dan Google Chrome ternyata cukup berat dijalankan. Kuota data internet Anda juga cukup tersita karena browser-browser ini menampilkan website yang Anda buka secara apa adanya.

7. Berbagai Aplikasi Android Bawaan

Selain browser, banyak sekali aplikasi bawaan HP Android yang jarang sekali digunakan, atau bahkan tak terpakai sama sekali. Aplikasi bawaan ini disebut juga bloatware.

Nah, itu dia 7 aplikasi yang sebaiknya Anda hapus. Setelah menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, dijamin HP Android kamu akan lebih ringan dan cepat, serta lebih hemat baterai dan kuota data.

(Visited 858 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.