Opera Max Temukan Penyebab Data Ponsel Anda Boros, Apa Saja?

Opera Max kali ini mengumumkan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa rata-rata lebih dari 30 persen penggunaan data ponsel diakibatkan oleh rakusnya background data yang tidak diketahui oleh pengguna.

Penelitian ini dilakukan kepada jutaan pengguna Opera Max, di mana aplikasi manajemen data tersebut membeberkan secara keseluruhan penggunaan data digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background yang tidak diketahui.

Seperti Facebook Messenger dan Gmail adalah aplikasi yang paling haus akan data, dengan hampir 73 persen dari total penggunaan data mereka terjadi di latar belakang smartphone Anda.

Sedangkan Google Drive dan WhatsApp menunjukkan lebih dari 50 persen penggunaan background data. Lantas banyak pertanyaan mengapa penggunaan background data menjadi masalah sampai saat ini? Tentu banyak yang bertanya seperti itu. Penggunaan data di belakang layar adalah semua lalu lintas internet yang terjadi di saat Anda tidak benar-benar menggunakan aplikasi tersebut.

Misalnya seperti sinkronisasi email, pengambilan awal iklan, artikel berita atau feed. Sergey Lossev, Product Manager di Opera Software juga mengatakan bahwa sebagian besar aplikasi ini dibuat untuk memberikan pengalaman luar biasa untuk penggunanya, bukan untuk menghemat data.

1526544Data-Counter-Oppo-Jadi780x390

Jika Anda menggunakan background data dengan paket data Andasendiri, itu seperti membuang Rp30 ribu dari setiap Rp100 ribu yang Anda habiskan untuk paket data seluler Anda,” katanya dalam keterangan resmi kepada Okezone, Senin (22/2/2016).

Dia menyatakan bahwa kebanyakan orang tidak menyadari fakta bahwa background data ini menguras data dan tentunya tidak dengan sadar mengizinkan hal itu terjadi secara terus menerus.

“Mereka pun juga tidak tahu bagaimana cara menghentikan hal itu terjadi. Itulah sebabnya, saat ini, kami memperkenalkan Smart Alerts di Opera Max yang bisa mengatasi akan hal itu,” tambah Lossev.

Smart Alerts ini akan membantu dengan sangat mudah mengatur penggunaan data latar belakang Anda, serta mendapatkan tips tentang cara untuk mencegah aplikasi dari menghabiskan paket data. Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan paket data yang sangat cepat habis karena sudah ada smart alerts sebagai solusinya.

(Visited 293 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.