2 Cara Ampuh Mengukur Detak Jantung Anda Menggunakan Android 

Jantung adalah organ vital pada manusia yang sangat penting dalam tubuh. Organ ini menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Jika kesehatan jantung Anda terganggu maka aktivitas sehari-hari Anda pun tidak bisa dilakukan seperti biasa.

Dengan hal tersebut tentu  sangat penting jika dilakukan pemeriksaan secara berkala agar dapat memantau kinerja jantung dengan lebih baik. Akan tetapi jika Anda kurang bisa melakukan pemeriksaan ke rumah  sakit karena bermasalah dengan waktu dan uang.maka Neton akan memberikan 2 cara memantau detak jantung menggunakan Android Anda.

Cara Memeriksa Detak Jantung Menggunakan Android

472a7c7592e5fc0cfaef36cca0733774

Memantau Detak Jantung Dengan LED Flash Android

Seperti yang sudah diketahui bahwa Sampsung Galaxy S6 dan Iphone telah menggunakan sensor detak jantung. Nah, bagi Anda yang menggunakan Android lain juga masih bisa menggunakannya dengan cara memanfaatkan LED flash Android.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memanfaatkan perubahan warna dan kecepatan aliran. Android Anda akan melakukan kalkulasi untuk menghitung detak jantung Anda setiap harinya. Untuk menggunakan fitur ini tentu Anda dapat menginstal Instant Heart Rate Monitor.

Inilah cara menghitung detak jantung menggunakan Android dengan aplikasi Instant Heart Rate Monitor.

  • Tempelkan jari Anda pada kamera belakang hingga menutupi LED Flash. Akan tetapi tekan sewajarnya saja dan jangan terlalu kencang karena dapat menggangu aliran darah Anda.
  • Gunakan aplikasi Instant Heart Rate Monitor maka secara otomatis LED Flash akan me Tahan selama10 detik, setelah itu hasil perhitungan detak jantung Anda pun akan keluar dengan sendirinya.

instant-heart-rate1

Menghitung Detak Jantung Dengan Menekan Layar Smartphone

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan teknologi force touch yang dibawa oleh iPhone 6s. Dengan menggunakan tekanan pada layarnya, iPhone 6s ini bisa mendeteksi perintah khusus. Ternyata, di Android ada aplikasi khusus yang dapat memanfaatkan tekanan pada layar untuk menghitung detak jantung Anda.

Aplikasi tersebut bernama Pulsometer, Namun perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini adalah aplikasi simulator sehingga hasilnya tidak seakurat aplikasi Instant Heart Rate Monitor. Akan tetapi aplikasi ini akan cukup bisa diandalkan.

Cara unik menggunakan  Pulsometer di Android untuk mengukur detak jantung Anda:

  • Simpan tangan kiri Anda di dada tepatnya di posisi jantung
  • Buka aplikasi Pulsometer
  • Tekan tombol START yang berwarna merah lalu tunggu hingga 3 detik untuk menghitung detak jantung Anda.
  • Tekan tombol yang tersedia di layar setiap kali terasa jantung Anda berdetak, lakukan hal tersebut sembari Anda tetap meletakkan tangan kiri di dada.
  • Dalam 15 menit maka hasil perhitungan detak jantung Anda akan keluar.

screenshot2015-12-11-19-34-11

Nah, itu dia cara menghitung detak jantung Anda setiap harinya. Semoga bermanfaat !

(Visited 296 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.