Menghemat RAM Tanpa Root Dapat Mempercepat Kinerja Android yang Lelet

Anda mungkin sering mengalami android bekerja secara lambat dan bahkan bisa not responding. Hal tersebut akibat RAM yang ada pada smartphone Anda. Nah sebaiknya jika RAM Anda masih rendah mulailah untuk menghapus beberapa aplikasi yang dapat memenuhi Ram Anda.

Apa Itu RAM ?

RAM merupakan tipe penyimpanan computer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang sangat tetapdan tidak memperdulika letak data tersebut dalam memori. Semakin banyak RAM yang Anda miliki maka akan semakin banyak multitasking yang bisa Anda lakukan pada smartphone Anda. Masalahnya adalah RAM tidak selalu kosong secara sempurna dan aplikasi yang tidak bekerja pun tidak selalu berhenti bekerja. Hal inilah yang sering mengakibatkan smartphone Anda menjadi creash, stuck, dan lag.

Lalu Bagaimana cara mempercepat Android dengan menghemat RAM (Tanpa Root)?

hemat-ram

Setelah Anda  mengetahui apa yang dimaksud dengan RAM, Anda harus mengurangi pemakaian RAM. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pemakaian RAM smartphone Anda.

Batasi Penggunaan Widget dan Live Wallpapers

Widget dan live wallpapers adalah fitur Android yang dapat memakan RAM dan memberatkan kinerja Android. Jika banyak widget yang me-refresh otomatis dan memakan bandwidth maka hal tersebut dapat menjadikan baterai smartphone Anda cepat habis.

 Nonaktifkan/Disable Aplikasi

Beberapa aplikasi memang seringkali menghabiskan RAM meskipun mereka tidak sedang digunakan. Nah sebaiknya Anda lakukan organisir aplikasi yang seharusnya otomatis bekerja di background dengan cara mendisable aplikasi yakni dengan masuk ke setting > Apps> cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan lalu tap dan pilih disable.

Nonaktifkan/Disable Animasi

Salah satu pencuri RAM terbesar pada smartphone Anda adalah animasi. Anda bisa mengatur hal ini pada opsi Developer Options di menu Settings. Untuk dapat mengaktifkannya Anda tentu bisa ke Settings > Developer Options > Drawing > dan Turn Off di semua opsi.

Nah,itulah cara untuk mempercepat kinerja Android dengan menghemat pemakaian RAM yang Anda gunakan. Jika penggunaan Android Anda ingin nyaman dan cepat maka segeralah untuk mencobanya  dan semoga bermanfaat !

(Visited 205 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.