Jurus Jitu Mengatasi Laptop/PC yang Restrat Mendadak

Beberapa orang yang memiliki laptop lebih dari satu mengeluhkan masalah laptop yang sering error tanpa diketahui sebab utamanya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah laptop yang mengalami restart tanpa diketahui penyebabnya. Masalah tersebut tentu saja sangat mengganggu ketika Anda sedang megngunakan laptop tersebut. Apalagi ketika Anda sedang main game, media sosial, atau mengerjakan tugas. Keasyikan Anda menggunakan laptop menjadi terganggu.

Jika laptop Anda mengalami hal tersebut, maka Anda harus mengecek spesifikasi laptop dan mencari tahu apa penyebab utama laptop sering restart. Anda perlu memberikan perhatian lebih ketika laptop restart saat booting windows, hal itu bisa diindasikan system start up Anda yang rusak. Atau bisa jadi RAM atau memori Anda kurang besar. Hal ini bisa ditanggulangi dengan cara menginstal kembali windows pada laptop Anda. Sistem operasi yang bermasalah akan menyebabkan laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, lebih baik install kembali sistem operasi di laptop Anda demi keamanan laptop.

Jurus Jitu Mengatasi Laptop/PC yang Restrat Mendadak

Hal lain yang membuat laptop sering restart adalah CPU yang terlalu panas karena terlalu lama digunakan. Pastikan suhu CPU Anda berkisar antara 45 sampai 55 derajat. Untuk mendinginkan CPU, Anda bisa menggunakan kipas atau fan. Tidak hanya itu, ternyata laptop yang mengandung banyak kotoran atau debu di dalam mesin juga mampu menjadi penyebab utama laptop sering restart. Mungkin hal ini sering dianggap sepele. Namun ternyata, jika laptop dibiarkan kotor akan berakibat fatal. Misalnya, laptop akan mudah mati sendiri, mudah panas, dan macet. Hal ini terjadi karena saluran udara dan kipas dalam tersumbat.

Nah jika beberapa hal di atas tidak dialami laptop Anda, maka bisa saja mainboard laptopnya yang rusak. Terkadang mainboard bermasalah akibat umur laptop yang terlalu tua atau karena keseringan dipakai. Awas, hal ini bisa menjadi masalah besar loh. Jadi lebih baik ganti mainboard dengan yang baru.

Bagaimana? Apakah kejadian di atas terjadi pada laptop Anda? Semoga dapat membantu dan menjadi solusi yang bermanfaat.

(Visited 61 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.