Ingin Jadi Developer Android? Ketahui Dulu 4 Hal Ini

Akhir-akhir ini dunia teknologi sedang terkena virus “StartUp” yaitu sebuah cara untuk memasarkan atau mengembangkan produk khususnya dalam bidang teknologi. Bahkan, sekarang banyak generasi muda yang berbondong-bondong membuat startup mereka sendiri.

Salah satu efek dari gejala “StartUp” adalah munculnya developer aplikasi untuk Android. Pekerjaan Developer aplikasi ini memang sangat menggiurkan, selain banyak yang mencari untuk mengembangkan sebuah produk tertentu. Mereka juga dapat mengembangkan produk sendiri untuk dipasang di PlayStore Google lalu mendapatkan penghasilan dari sana. Terbukti, seorang lulusan SMP di Makassar berhasil membuat sebuah aplikasi dan mendapatkan penghasilan yang lumayan lho. Anda tertarik untuk menjadi Developer aplikasi? 4 hal ini wajib anda ketahui lebih dulu.

Ingin Jadi Developer Android? Ketahui Dulu 4 Hal Ini

Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Jadi Developer Aplikasi

Wajib Menguasai Bahasa Pemrograman

Salah satu keahlian ini harus Anda kuasai terlebih dahulu. Dasar dari bahasa pemrograman untuk Android adalah XML dan Java. Nah loh, kalau tidak punya keahlian tersebut gimana dong? Tenang, salah satu fitur Android yaitu Open Source memungkinkan kita menggunakan source code yang banyak tersebar di internet. Selain itu, Anda juga bisa belajar bahasa pemrograman secara online di internet, banyak sekali tutorial-tutorial gratis yang bisa dimanfaatkan.

Unduh dan Install Software Development Kit (SDK)

Untuk Anda yang ingin mengembangkan aplikasi bisa menggunakan software Eclipse atau Android Studio. Lalu untuk yang ingin mengembangkan aplikasi game bisa menggunakan SDK Unity3d. Silahkan download di web resmi masing-masing sofrtware tersebut.

Desain Grafis

Kebanyakan developer tidak terlalu mementingkan tentang hal ini, padahal menurut survei mengenai UI (User Interface) serta UX (User Experience) adalah poin yang sangat vital untuk mengembangkan aplikasi. Jika Anda menemukan sebuah aplikasi dengan fitur bagus namun tampilannya tidak menarik tentu akan memilih mencari yang lain bukan?

Monetasi

Hal terakhir yang harus dilakukan setelah Anda membuat sebuah aplikasi adalah bagaimana mencari keuntungan. Anda bisa menggunakan fitur Admob milik Google yang sudah banyak memberikan revenue yang menggiurkan. Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa pembuatan aplikasi.

Nah, sekian info tentang 4 hal yang wajib Anda tahu sebelum jadi Developer Android. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

(Visited 219 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.