3 Cara Aman Untuk Meminimalisir Dampak Radiasi Ponsel

Sudah bukan rahasia lagi bahwa paparan radiofrekuensi energi eletromagnetik pada ponsel sangat berbahaya untuk kesehatan. Meskipun belum ada penelitian secara langsung, tapi hal ini tetap menjadi ketakutan tersendiri bagi pengguna ponsel.

Bahkan, Australian Radiatoin Protection and Nuclear Safety Agency (ARPANSA) pun telah menegaskan bahwa sampai saat ini masih belum ada bukti ilmiah terkait hal tersebut.

Tetapi, ARPANSA mengatakan bahwa kemungkinan radio frekuensi energi eletromagnetik pada ponsel akan berpengaruh buruk pada kesehatan, meskipun tidak terlalu parah. Meskipun dampaknya tidak terlalu besar, tapi jangan disepelekan. Ada beberapa hal yang bisa mengurangi radiasi ponsel.

3 Cara Aman Untuk Meminimalisir Dampak Radiasi Ponsel

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Mempengaruhi Radiasi Ponsel

Jarak

Cara yang paling ampuh untuk mengurangi paparan radiasi ponsel adalah dengan menjaga jarak yang tepat antara kepala atau tubuh dengan ponsel, Anda bisa menggunakan ear-piece/hands-free. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifikan loudspeaker dan juga lebih memilih menulis SMS daripada telepon. Jika ponsel tidak digunakan atau pun ketika waktunya tidur, usahakan untuk menjauhkan ponsel dari tubuh Anda. Selain itu, menempatkan ibu jari Anda diantara telinga dan ponsel untuk menjaga jarak ketika menelepon bisa Anda lakukan.

Waktu

Meskipun dampaknya tidak besar, tapi jika terkena paparan radiofrekuensi elektromagnetik dalam jumlah yang semakin besar, juga akan meningkatkan risiko dampak buruk yang lebih fatal dari paparan radiasi tersebut.

Daya

Jika berada di area dengan penerimaan signal yang baik, transmisi yang akan berlangsung antara ponsel dan base station biasanya akan jauh lebih rendah dari pada di daerah dengan penerimaan signal yang buruk. Misalnya di lift, bangunan besar dan juga di kendaraan yang sedang berjalan.

Untuk itu, Anda bisa membatasi jumlah daya yang digunakan oleh ponsel Anda dengan cara hanya menggunakan ponsel di area dengan signal baik yang ditandai dengan banyaknya bar pada indikator penerimaan signal. Selain itu, Anda pun harus menghindari untuk menggunakan ponsel di area dengan signal buruk seperti di lift atau pun di kendaraan yang bergerak. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kemungkinan Anda terpapar radiasi ponsel akan semakin kecil.

(Visited 191 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.