Awas! Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul Akibat Kelamaan Duduk Depan Komputer!

Bekerja di depan komputer dan dalam posisi yang sama secara terus menerus membuat banyak masalah kesehatan yang akan timbul. Masalah kesehatan yang terjadi pun tidak hanya tentang tulang bekalang saja, tapi juga bisa membuat mata Anda menjadi kurang sehat. Tapi, bagi Anda yang setiap hari beraada di depan komputer, ada beberapa carauntuk menghindari masalah kesehatan akibat terlalu lama di depan komputer.

Masalah yang Akan Timbul Akibat Terlalu Lama Di Depan Komputer

Awas! Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul Akibat Kelamaan Duduk Depan Komputer!

Terlalu Lama Duduk

Duduk terlalu lama akan membuat sirkulasi darah Anda menjadi terganggu. Bahkan, tubuh Anda hanya membakar sedikit kalori. Hal ini menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes, sakit jatung, meningkatnya berat badan, kanker bisa jadi menghantui Anda.

Untuk mengatasinya, Anda harus meregangkan otot tubuh secara rutin. Misalnya dengam mengambil istirahat secara berkala dan melakukan peregangan secara rutin.

Postur Duduk yang Buruk

Saat duduk, usahakan Anda memposisikan diri dalam postur yang baik. Jika posisi duduk Anda tidak baik, hal ini akan mempengaruhi terhadap bentuk tubuh dan otot Anda. Selain itu, bagian punggung dan leher pun akan sering mengalami pegal. Untuk itu, melakukan peregangan dan duduk dengan posisi yang benar akan mengatasi hal tersebut.

Gerakan yang Refetitif Menyebabkan Cedera

Penyakit yang diakibatkan oleh gerakan yang dilakukan terus menerus adalah Repetitive Strain Injury atau RSI. Gerakan yang dilakukan secara terus menerus akan merusak tendon, syaraf, otot dan jaringan tubuh yang lain. Anda bisa mengatasinya dengan beristirahat dan melakukan peregangan. Usahakan untuk menggunakan tenaga seminim mungkin saat menggunakan mouse atau keyboard.

Terlalu Lama di Depan Layar Komputer

Hal ini sudah banyak dialami oleh orang yang bekerja lama di depan komputer, keluhannya antara lain sakit mata, pandangan buram, pedih, sakit kepala atau mata berair. Untuk itu, Anda harus mensetting layar komputer Anda agar tidak terlalu silau. Usahakan juga untuk menjaga jarak antara mata dan layar. Selain itu, Anda bisa mengikuti aturan 20/20/20, yang artinya setiap 20 menit lihatlah benda dengan jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Tekanan dan Isolasi Emosi Akibat Depresi Dan Kegelisahan

Pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan komputer memang akan selesai lebih cepat. Tetapi, ini juga mempunyai dampak negatif yaitu komunikasi antar manusia semakin jarang terjadi. Hal inilah yang menyebabkan isolasi, rasa gelisah dan juga depresi. Untuk itu, ketika ada waktu istirahat, usahkan untuk melakukan obrolan ringan dengan rekan kerja Anda.

(Visited 177 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.