Hati-Hati! Bahaya Radiasi Smartphone Menghantui Anda!

Banyak orang yang cenderung kecanduan smartphone, sehingga tidak bisa jauh dari smartphone dalam waktu yang sebentar saja. Padahal, dampak yang ditimbulkan oleh smartphone bisa sangat buruk bagi kesehatan jika dibiarkan begitu saja.

Hal ini karena, smartphone merupakan perangkat yang memancarkan meda elektromagnetik atau radiasi (EMF/EMR). Radiasi inilah yang berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Apa saja dampak dari penggunaan smartphone yang kurang bijak? Lalu, bagaimana pencegahannya?

Dampak Negatif Dari Radiasi Smartphone

Smartphone-by-Japanexperterna-702x336

Insomnia

Jika Anda masih sempat memainkan smartphone sebelum tidur, maka memejamkan mata pun akan semakin sulit. Selain itu, radiasi dari smartphone pun akan mengurangi durasi tidur lelap.

Kebingungan dan Cemas

Ketergantungan pada smartphone bisa jadi tidak Anda sadari. Padahal, terlalu ketergantungan pada smartphone akan merusak konsentrasi dan meningkatkan kadar stress. Untuk itu, lebih bijaklah dalam menggunakan smartphone.

Mengganggu Fungsi Otak

Hal ini bukan masalah baru sebenarnya karena sudah banyak orang yang tahu megnengai dampak radiasi smartphone, terutama untuk fungsi otak. Jika dibiarkan akan menimbulkan pusing-pusing hingga tumor.

Mengganggu Sperma

Menyimpan smartphone di saku seakan sudah menjadi kebiasaan yang paling nyaman saat ini. Padahal, jika Anda melakukan hal tersebut bisa menyebabkan rusaknya kualitas sperma dan bisa menyebabkan kemandulan.

Solusi Untuk Menghindari Dampak Negative Dari Radiasi Smartphone

Gunakan Dua Telinga

Ketika Anda menerima telepon, usahakan untuk mengganti posisi telepon secara berkala. Maksudnya, Anda jangan terlalu lama menempelkan smartphone pada telinga kiri, cobalah ganti dengan telinga kanan.

Gunakan Headset atau Earphone

Untuk meminimalisir dampak dari radiasi, Anda bisa menggunakan headset atau pun earphone saat mengangkat telepon.

Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless

Headset konvensional lebih ramah untuk kesehatan Anda. Untuk itu, aktifkan fitur Bluetooth atau pun headset wireless pada saat dibutuhkan saja.

Gunakan Loudspeaker

Anda bisa mengaktifkan loudspeaker ketika menelepon. Anda bisa menggunakan solusi ini ketika berada di rumah atau di tempat yang sepi.

Usahakan Diam Saat Menelepon

Menelepon sambil berjalan adalah hal yang tidak disarankan. Hal ini karena, smartphone akan terus mencari pancaran sinyal apabila Anda bertelepon sambil berjalan.

Hindari Sudut Ruangan

Biasanya di sudut ruangan mempunyai sinyal yang lebih lemah dibandingkan dengan bagian rumah yang lainnya. Dengan demikian, radiasi yang dipancarkan pun akan lebih tinggi.

Gunakan Casing Penahan Radiasi

Saat ini banyak beredar casing penahan radiasi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan ini untuk menghindari radiasi lebih optimal. Usahkan membeli yang original.

Jauhkan Smartphone

Hal ini harus Anda lakukan ketika Anda hendak tidur. Hal ini dilakukan untuk tidur yang lebih berkualitas.

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.