Kebiasaan Buruk Saat Nge-charge Inilah yang Bikin Pendek Usia Baterai Smartphone

Semakin pintar smartphone, semakin boros juga dalam pemakaian baterainya. Ponsel pintar ini rata-rata satu kali per satu hari harus di-charge. Padahal, dulunya ponsel hanya perlu di charge satu minggu sekali saja.

Selain karena kepintaran yang disematkan, terlalu sering dipakai pun menjadi salah satu penyebabnya. Smartphone menjadi bekerja lebih keras dari pada biasanya.

Pada saat mengisi daya smartphone, ada beberapa kebiasaan yang seharusnya Anda hilangkan. Hal ini karena, akan membuat umur smartphone menjadi berkurang.

Hal yang harus dikurangi bahkan dihilangkan agar baterai smartphone lebih awet

Kebiasaan Buruk Saat Nge-charge Inilah yang Bikin Pendek Usia Baterai Smartphone

Hindari memakai powerbank

Jika tidak terlalu terpaksa, hindari untuk memakai perangkat yang satu ini. Jika baterai benar-benar tidak dalam keadaan lowbet, usahakan tidak memaksakan smartphone untuk mengisi daya lewat power bank. Hal ini karena, apabila keseringan akan menyebabkan daya baterai semakin berkurang. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali power bank yang mempunyai kualitas rendah. Selain itu, Anda juga harus menghindari untuk mengisi smartphone di laptop melalui kabel USB.

Jangan memakai sembarang charger

Biasanya smartphone baru akan dilengkapi charger yang berasal dari pabrikan. Charger itu sudah dirancang khusus untuk mengisi daya smartphone tersebut. Tetapi, pada umumnya charger smartphone mempunyai bentuk yang sama, sehingga sering kali dipakai secara bergantian untuk smartphone yang lainnya.  Padahal, setiap charger sudah didesain untuk dipakai suatu merek smartphone saja. Jika Anda tidak memakai charger yang orisinil, maka daya tahan baterai smartphone Anda akan berkurang.

Jangan nge-charge semalaman

Jika Anda nge-charge semalaman, maka baterai Anda akan cepat rusak. Hal ini karena, nge-charge dalam waktu yang lama tidaklah baik untuk kesehatan baterai Anda. Saat ini sudah banyak dari smartphone yang dilengkapi dengan fitur overharge protection , yaitu fitur yang bisa menjaga baterai berhenti saat pengisi daya sudah penuh. Tapi, banyak yang membuktikan bahwa nge-charge baterai tidak sampai penuh 100% akan menjaga kualitas baterai.

Stop baterai kosong terlalu lama

Membiarkan baterai kosong terlalu lama akan menurunkan kualitas baterai secara perlahan-lahan. Untuk itu, Anda harus segera mengisi batarei jika sudah di bawah angka 40 persen atau dengan kata lain di kisaran 15 sampai dengan 35 persen.

Jangan berharap baterai bisa tahan lama

Baterai smartphone pasti ada batas usianya. Untuk itu, apabila baterai smartphone Anda sudah banyak masalah, sebaiknya cepat diganti dengan baterai yang baru. Ingat, Anda harus menggantinya dengan baterai dari pabrikan yang sama dan berkualitas bagus. Hal ini karena, kualitas baterai akan mempengaruhi komponen lain pada smartphone.

(Visited 247 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.