3 Fitur yang Sebenarnya Menguras Baterai Smartphone Anda

Saat ini smartphone menjadi salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kegunaan smartphone pun sangat beragam, selain dari perantara komunikasi tentunya. Banyak hal bisa dilakukan dengan sebuah smartphone, misalnya menerjemahkan, mencatat, mendengarkan lagu, nonton TV, internetan, bermain game, bahkan bisa digunakan untuk bekerja.

Seiring dengan berjalannya waktu, smartphone pun mengalami perkembangan yang tidak bisa terbendung lagi, pesat terutama dengan lebih banyaknya fitur yang ditawarkan oleh sebuah smartphone. Tapi tahukah Anda, jika diantara fitur yang bisa memudahkan kegiatan sehari-hari Anda tersebut malah menjadi sumber utama baterai Anda secara tidak langsung terkuras terus menerus? Diantara banyaknya fitur yang ada, kira-kira fitur apa saja ya yang menguras baterai smartphone tanpa Anda sadari.

Fitur smartphone yang menghabiskan daya baterai

3 Fitur yang Sebenarnya Menguras Baterai Smartphone Anda

Auto Brightness

Fitur ini sangat membantu untuk mengatur cahaya di layar smartphone agar dapat melihat layar smartphone dengan nyaman dan jelas tanpa perlu mengatur brightness secara manual. Tapi ternyata, fitur ini hanya terus menguras konsumsi baterai Anda karena bekerja secara terus menerus memakai sensor brightness demi menampilkan cahaya yang pas ketika Anda menggunakan smartphone dalam keadaan cahaya terang atau pun gelap. Hal ini tentu saja akan memakan banyak baterai.

Screen timeout

Screen timeout ini biasanya akan ditemukan jika Anda membuka menu setting. Hal ini pun difungsikan untuk mematikan layar secara otomatis ketika smartphone tidak digunakan dalam waktu yang telah ditentukan. Fitur ini juga sebenarnya sangat menguras baterai, karena secara tidak langsung kita mengaktifkan sebuah timer untuk menghitung waktu kapan harus mematikan layar ketika smartphone tidak digunakan.

Widget dan Background Apps

Background apps adalah apabila sebuah aplikasi tidak digunakan tetapi masih berjalan di belakang layar. Misalnya saja aplikasi messenger yang ketika tidak digunakan tetap berjalan dengan memunculkan notifikasi atau pesan masuk baru. Jika Anda memasang widget terlalu banyak juga akan lebih boros baterai karena setiap resource. Untuk itu, ada aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk lebih menghemat baterai meskipun widget yang Anda pasang sangat banyak. Aplikasi tersebut adalah Greenify. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mematikan background apps yang tidak lagi Anda butuhkan.

(Visited 110 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.