Ini Cara Mudah Menghemat RAM Smartphone Android

Smartphone menjadi salah satu kebutuhan bagi semua kalangan. Tak hanya sebagai sektor hiburan saja, smartphone memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Di tengah meningkatnya perkembangan teknologi masa kini, sejumlah produsen smartphone terus berinovasi dalam mengembangkan fitur-fitur terbarunya. Berbagai fitur kini hadir untuk memudahkan aktivitas harian Anda. Mulai dari edukasi hingga sektor bisnis kini mulai di tunjang dari ponsel smartphone.

Sebagai pengguna smartphone Anda harus mengetahui cara mudah bagaimana untuk mempercepat kinerja smartphone itu sendiri. Kinerja smartphone akan semakin maksimal ketika RAM smartphone tersebut bisa bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tentang cara mudah dalam menghemat RAM smartphone yang bisa dilakukan secara mudah berikut ini ;

Cara mudah menghemat RAM smartphone

Trik-Cara-Menghemat-RAM-di-Android-Agar-Tidak-Lemot

Periksa aplikasi yang berjalan di latar belakang

Untuk menghemat RAM pada ponsel smartphone, Anda perlu memeriksa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Karena, di dalam ponsel android itu terdapat sejumlah aplikasi yang berpotensi memenuhi RAM jadi lakukan cek secara berkala. Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa di cek melalui cara berikut, pertama masuk ke Settings> Battery & Storage>  Memory. Selanjutnya, lihat aplikasi yang masih berjalan dan matikan aplikasi tersebut dengan memilih opsi Stop.

Matikan Animasi Transisi yang Aktif

Smartphone android, tentunya memiliki animasi dan transisi yang menarik dan biasanya sudah dibekali bawaan. Umumnya, terdapat fungsi ini lebih bermanfaat untuk mempercantik penampilan antar muka. Namun, ketahuilah aplikasi ini akan memboroskan RAM smartphone Anda. Cara mematikannya cukup mudah, masuk ke Settings> Developer, kemudian pilihan window animation scale, transition animation scale, dan animator duration scale.

Jangan pernah gunakan live wallpapers atau pun widgets secara berlebihan

Mungkin Anda tidak pernah sadar jika wallpaper live dan juga widgets secara berlebihan. Untuk menghemat RAM sebaiknya jangan mengaktifkan live wallpaper dan juga widgets. Gunakan wallpaper standar dan widget yang sederhana saja supaya RAM Anda tetap hemat dan android bisa berfungsi secara maksimal.

Itulah beberapa cara mudah dalam menghemat RAM smartphone Android Anda sehingga tetap maksimal.

(Visited 161 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.